Home Tips & Trick

Permainan Edukatif untuk Anak, Ini Dia Manfaatnya!

Permainan edukasi yang bisa diterapkan pada anak. Yuk, dicek!

136
0
SHARE

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan cerdas. Tidak heran bila banyak hal yang real dilakukan oleh orang tua demi membuat anaknya tumbuh dengan kecerdasan yang baik sebagai bekalnya kelak di masa mendatang. Sangat banyak hal yang dapat dilakukan bagi para orang tua untuk menstimulasi kecerdasan anak dengan berbagai aktivitas. Bahkan di masa yang serba maju ini, Anda dapat mengajak anak Anda untuk belajar sambal bermain di edutainment park in Jakarta. Namun, mengajaknya untuk bepergian setiap minggunya pastinya tidak mungkin untuk dilakukan. Banyak kegiatan edukasi sambal bermain yang dapat dilakukan di rumah dengan mainan-mainan yang mudah didapatkan.

permainan edukasi untuk anak
source : tutugon

Namun, apakah Anda sebagai orang tua sudah memahami betul apa saja manfaat dari memberikannya permainan edukasi? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

  1. Stimulasi otak dan indra

Permainan edukasi biasanya dibuat dengan bentuk dan warna yang menarik untuk anak-anak. selain itu, permainan edukasi juga memiliki tingkat kesulitannya sendiri-sendiri yang dapat membantu stimulasi otak dan indra anak. dengan permainan edukasi, kecerdasan kognitif anak juga akan terstimulasi setiap si kecil menstrategikan sesuatu. Tidak hanya itu, kecerdasan motorik si kecil juga akan lebih tergali ketika ia meraba, memegang dan menggenggam mainannya.

  1. Membantu fokus

Permainan edukasi juga dirancang untuk membuat anak menjadi lebih berkonsentrasi akan sesuatu hal. Ketika ia sedang bermain, anak pasti akan melatih kemampuannya untuk fokus pada permainannya. Saat si kecil sedang fokus dan terpaku dengan mainannya, otomatis anak juga akan terlatih untuk menjadi tidak mudah terganggu dengan lingkungan sekitarnya.

  1. Melatih kecerdasan emosi dan sosial

Pasalnya permainan yang beredukasi memiliki tingkat kesulitan yang sudah dirancang sesuai dengan usia setiap anak. para orang tua harus memperhatikan permainan yang akan diberikan kepada anak. jangan sampai tingkat kesulitan yang dimiliki permainan tersebut lebih kecil ataupun lebih besar daripada umur si anak. Jangan lupa juga untuk memberikannya permainan edukasi secara bertahap. Dengan begini, anak akan terlatih kesabaran dan kecerdasan emosinya.

Itu dia beberapa manfaat yang didapat dari permainan edukasi yang dapat Anda berikan kepada anak Anda. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY