Home Food & Culinary

Apakah Makanan Kaleng, Termasuk Kornet, Boleh Langsung Dimakan?

Amankah makanan kaleng dimakan tanpa memasaknya? Yuk, langsung simak ulasannya!

78
0
SHARE
makanan kaleng
source : IDNTimes

Halal canned meat atau kornet dan juga sarden merupakan dua makanan kaleng yang wajib masuk ke dalam daftar belanja setiap bulan. Pasalnya, kedua makanan ini sangat awet untuk disimpan dalam waktu lama dan juga mudah diolah. Kapan pun dibutuhkan, Anda bisa langsung memasaknya tanpa perlu menghabiskan durasi memasak yang lama. Rasanya pun juga nikmat, sehingga seluruh anggota keluarga menyukainya.

Hanya saja, pernahkah terlintas di benak Anda bahwa kedua makanan kaleng ini ternyata bisa dikonsumsi tanpa harus dimasak? Ya, beberapa waktu lalu, media sosial sempat dibuat gempar dengan iklan yang menampilkan seorang ibu tengah memberikan makanan kalengan sebagai bekal untuk anak sekolah. Banyak masyarakat yang merespons bahwa iklan tersebut tidak masuk akal, mengingat makanan kaleng harus dimasak terlebih dahulu sebelum disajikan.

Namun demikian, tahukah Anda bahwa ternyata makanan kaleng bisa langsung dimakan tanpa harus dimasak terlebih dahulu?

Selidik punya selidik, makanan kaleng ini dulunya merupakan makanan yang lumrah dikonsumsi oleh para tentara di medan perang. Pasalnya, makanan ini awet dalam waktu lama, praktis, serta bisa dikonsumsi oleh para tentara yang tidak punya waktu serta peralatan lengkap untuk memasak. Popularitas dari makanan kalengan ini pun meningkat, sehingga banyak masyarakat yang menjadikannya pilihan makanan untuk di rumah.

Sebetulnya, makanan kalengan ini memang aman dikonsumsi tanpa dimasak. Sebab makanan kalengan merupakan makanan matang yang sudah melalui sterilisasi ketat. Banyak dokter yang mengamini hal ini, serta memastikan bahwa masyarakat bisa langsung memakannya setelah dibuka. Selama kemasan kalengnya tidak rusak, tidak penyok, tidak berkarat, dan tidak berlubang, semuanya bisa langsung dimakan.

Hanya saja, rasa dari makanan kaleng ini memang tidak terlalu kuat. Alhasil, masyarakat lebih senang memasaknya dengan menambahkan bumbu. Cabai, bawang putih, bawang merah, dan juga tomat ditambahkan ke dalam kornet atau sarden agar lebih nikmat dan bercita rasa. Jadi, sebetulnya makanan kalengan boleh dimakan dan aman tanpa harus dimasak, tapi jika ingin mendapatkan rasa yang kaya, disarankan untuk memasaknya terlebih dahulu.

Kalau Anda sendiri, apakah sudah pernah mengonsumsi langsung kornet atau sarden tanpa dimasak?

LEAVE A REPLY