Home Apartemen

Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Apartemen

Mau membeli apartemen? Cek dulu tips penting berikut ini, check it out!

147
0
SHARE

Kehidupan urban lekat dengan waktu yang sempit. Lalu lintas yang tidak beraturan ikut menyumbang terkikisnya waktu harian yang dimiliki penduduk kota. Kelelahan setelah meeting panjang atau kerja nonstop di bangku kantor membuat sebagian orang malas untuk menghabiskan waktu dan energi yang lebih banyak lagi di jalanan. Maka, tidak heran bila pendatang maupun pelaju mulai berpikir untuk membeli atau menyewa di pusat kota agar sisa waktunya terpakai dengan baik. Dan adapula yang memutuskan untuk membeli rumah kota wisata Cibubur.

tips membeli apartemen
source : google

Akan tetapi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah unit apartemen, ada baiknya Anda me-review hal-hal di bawah ini agar tidak merugikan Anda di kemudian hari.

  • Periksa rekam jejak pengembang. Bila Anda tertarik membeli apartemen yang masih dalam proses pembangunan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek rekam jejak developer atau pengembang apartemen tersebut. Periksa proyek-proyek terdahulu yang ditangani oleh pengembang dan jangan abaikan hasil yang Anda temukan kelak. Bila persentase penyelesaian proyek-proyeknya tinggi, maka Anda tidak perlu khawatir unit apartemen yang sudah Anda bayar dimuka akan ditelantarkan.
  • Survei lokasi. Setelah yakin dengan pengembang, Anda perlu meninjau langsung lokasi apartemen. Dengan melakukan ini, Anda dapat melihat langsung medan properti yang akan Anda tinggali nanti. Saat survei pun Anda dapat sekaligus melihat fasilitas pendukung apa saja yang ada di sekitar—atau terdekat dari—kawasan apartemen, seperti rumah sakit, kantor polisi, halte bus, stasiun, sekolah, hingga pusat perbelanjaan.
  • Cari tahu kebutuhan Anda. Pada umumnya apartemen terbagi dalam 3 jenis, unfurnished (tanpa furnitur), semi furnished (ada beberapa furnitur), dan full furnished (siap ditinggali). Anda bisa menghitung jenis mana yang sesuai dengan bujet Anda; apakah lebih baik membeli unfurnished atau semi furnished dan mengisinya dengan furnitur pilihan Anda atau langsung membeli jenis full furnished
  • Ketahui biaya tambahannya. Perlu diingat bahwa harga jual apartemen yang diiklankan tidak seluruhnya menghimpun fasilitas yang ada di apartemen itu sendiri. Jangan abai untuk menanyakan biaya-biaya lain seperti iuran bulanan, biaya manajemen, pajak, dan lainnya. Setelah mendata semua biaya ini, Anda dapat mengalkulasi dengan biaya jual atau sewa yang tertera.

Bagaimana? Apakah Anda sudah dapat menentukan apartemen pilihan Anda? Jangan lupa melakukan 4 hal di atas sebelum memproses pembelian apartemen Anda, ya. Semoga artikel ini membantu.

LEAVE A REPLY