Home Asuransi

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Polis Asuransi!

Berencana membeli polis asuransi? Sebelum membelinya, perhatikan dulu beberapa tips penting berikut ini!

76
0
SHARE

Berencana membeli asuransi kecelakaan diri murah dalam waktu dekat ini? Kalau iya, maka sebelum membeli ataupun membuat produk asuransi tersebut, ada baiknya ketahui dulu arti dari polis asuransi. Memang, terkhusus untuk Anda yang sudah lama menjadi nasabah asuransi, tentu tahu betul arti polis asuransi tersebut, kan? Namun, untuk yang belum mengetahuinya, maka akan kami rangkum di artikel berikut ini. Simak, deh!

membeli polis asuransi
source : finansialku

Nah, polis asuransi merupakan suatu perjanjian atau kesepakatan yang dibuat secara tertulis di dalam sebuah akta antara pihak asuransi dan nasabah asuransi. Dengan adanya akta ini, maka bermanfaat untuk meminimalisir munculnya kerugian setelah perjanjian dibuat. Namun demikian, sebelum membutuskan membeli polis asuransi, alangkah baiknya perhatikan dulu beberapa hal penting ini, check it out:

  1. Pelajari isi dalam polis asuransi. Saat membeli asuransi, pasti nantinya Anda diberi polis asuransi. Biasanya, di dalam polis asuransi ini terdapat beberapa ketentuan maupun aturan yang bisa dibaca oleh nasabah. Ada baiknya, pelajari betul isi yang tercantum dalam polis tersebut. Wajibkah? Yap, tentu wajib, tujuannya untuk mengatasi terjadinya kesalahan di kemudian hari. Memahami polis asuransi juga akan membantu Anda untuk mengajukan klaim asuransi tanpa kendala di kemudian hari. Umumnya, pihak asuransi memberikan waktu selama dua minggu untuk membaca isi polis tersebut, apabila ada isi polis yang tidak sesuai maka Anda bisa langsung meng-cancel pembuatan asuransi.
  2. Pahami ketentuan potongan asuransi perbulan. Selama membaca isi polis asuransi, maka jangan sampai lupa untuk memahami berbagai potongan yang diberlakukan oleh pihak asuransi. Misalkan, berupa potongan pemeliharaan asuransi, pertanggungan dasar, administrasi bulanan, sekaligus pengelolaan dana pertahun. Memahami ini tentu sangat penting, supaya nantinya setelah Anda membuat asuransi tidak kaget dengan berbagai potongan tersebut.
  3. Ketahui perlindungan yang diberikan pihak asuransi. Pastikan, untuk mengetahui perlindungan apa sajakah yang ditanggung maupun diberikan oleh pihak asuransi kepada nasabahnya. Apabila perlindungan tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan Anda atau perlindungannya terbilang kurang, maka Anda bisa membatalkan pembuatan asuransi tersebut. Misalnya, Anda membuat asuransi kesehatan, akan tetapi malah tidak mendapatkan tanggungan untuk penyakit kritis. Ini tentu bisa merugikan Anda, bukan?
  4. Cari tahu biaya premi yang harus dibayar. Jangan sampai lupa, cari tahu betul berapa biaya premi yang harus Anda bayar setiap bulannya. Jika biaya premi terlalu mahal dibanding dengan tanggungan yang diberikan, Anda pun bisa membatalkan pembuatan asuransi tersebut. Carilah perusahaan asuransi yang pertanggungannya lengkap dengan pembayaran premi masih dalam batas wajar.

Itulah sejumlah hal penting yang patut diperhatikan sebelum membeli polis asuransi pada pihak asuransi. Semoga bermanfaat! –SH–