Home Industri

Pentingnya Fire Suppression System Pada Alat Berat

Yuk, pasang fire suppression system pada alat berat agar bisa mendeteksi kebakaran dengan baik!

68
0
SHARE
fire suppression system pada alat berat
source : google

Industri pertambangan merupakan industri yang erat hubungannya dengan alat berat. Mengingat beberapa alat berat bekerja dalam satu waktu dan dalam durasi yang cukup lama, risiko kebakaran pun akan semakin tinggi. Hal inilah yang kemudian membuat perangkat berupa Fire Suppression System pertambangan sangat diperlukan. Pasalnya, sedikit percikan api saja bisa menimbulkan kebakaran yang merambat cepat.

Sumber api pada perangkat alat berat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, alat berat pertambangan memang berisiko untuk terbakar karena selalu aktif selama 24 jam penuh. Beberapa area yang berpotensi untuk menimbulkan api adalah bagian mesin, rem tangan, dan juga baterai atau komponen listrik. Sementara itu, bahan bakar juga bisa menjadi sumber api seperti minyak, oli, ban atau karet, kain pelapis, hingga serpihan. Terakhir, blok mesin, hot turbochargers, hot manifolds, dan sistem pembuangan juga tak jarang menyebabkan api yang bisa menjadi kebakaran.

Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan reaksi api yang menyebar cepat, maka fire suppression system ini harus dipasang pada alat berat. Biasanya, perangkat ini dipasang pada area mesin dan dilengkapi dengan pendeteksi otomatis untuk memantau kondisi lingkungan serta menentukan titik sumber api.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam detail berikut:

Pendeteksi otomatis

  1. Modul Sensor Mekanik (MSM) digunakan untuk aktuasi otomatis dari sistem FOAM-GUARD.
  2. Dirancang untuk penggunaan di lingkungan yang agresif, seperti korosi, kelembaban, dan juga mechanical abuse.
  3. Ketika terdapat nyala api di titik mana pun, MSM akan aktif.
  4. MSM ditempatkan pada tabung ¼” OD dari konstruksi Stainless Steel.
  5. Indikator status visual.
  6. MSM dapat disesuaikan dengan tata letak kendaraan sehingga lebih mudah dipasang (fleksibel).

Tak hanya itu, fire suppression system juga dilengkapi dengan control panel yang akan memantau dan mengontrol jika terjadi kebakaran dengan mematikan engine secara otomatis, serta memberikan peringatan secara audio dan visual. Terdapat 2 jenis panel alarm kebakaran yang disediakan oleh FSI:

  1. Indicator Panel.
  2. Shutdown Panel (Engine Shutdown Capability).

Keduanya memiliki fungsi display status dari sistem yang mudah dibaca, test functions dan mode pengontrol alarm, audible & visual alarm, serta dimmer untuk pengoperasian di malam hari. Sementara itu, untuk Engine Shutdown Panel dilengkapi dengan:

  1. Pre-set time delay selama 10 detik (bisa disesuaikan dari 0-60 detik).
  2. Fitur over-ride yang memungkinkan operator untuk memarkir kendaraan dengan aman.

Dengan semua keuntungan yang sudah disebutkan di atas, masih ragu untuk menggunakan fire suppression system dari FSI? Semoga membantu, ya!

LEAVE A REPLY