Home Industri

Jenis-Jenis Hose Reel yang Umum Digunakan

Yuk, ketahui beberapa jenis hose reel yang kerap digunakan pada industri!

207
0
SHARE

Hose reel atau gulungan selang merupakan poros silinder dari bahan logam, kaca serat, ataupun plastik yang dibuat untuk menyimpan selang. Perangkat ini umum digunakan oleh berbagai lokasi kerja, terutama pada industri yang memiliki ukuran selang besar maupun daya muat berbahaya, seperti di industri pertambangan.

jenis hose reel
source : fluidcon

Meski memiliki fungsi yang sama, alat ini punya gaya gulungan serta model pengaplikasian yang berbeda-beda. Untuk itu, mari ketahui dulu apa saja jenis hose reel yang umum digunakan pada beberapa industri.

  1. Air compressor hose reel. Jenis hose reel ini diperuntukkan bagi selang dengan daya tampung udara yang terkompresi. Untuk itulah, jenis alat ini dinamakan sebagai gulungan selang kompresor udara. Gulungan selang ini memiliki model pengaplikasian yang beragam, mulai dari stasioner, portabel, juga tertempel di dinding. Hampir semua jenis hose reel ini memiliki konektor internal yang membuatnya mudah disambungkan ke perkakas listrik maupun selang. Jenis hose reel ini umum ditemukan di pabrik, pusat layanan, serta bengkel rumahan.
  2. Stationary hose reel. Bisa dibilang, jenis gulungan selang ini merupakan tipe paling dasar hose reel. Pasalnya, gulungan selang stationer dilengkapi dengan sebuah engkol dan terbuat dari baja tahan karat dan plastik. Jenis ini umum dipakai dalam industri pertambangan, baik untuk pengisian bahan bakar maupun pembuangan (evakuasi) limbah minyak. Salah satu merek hose reel terbaik untuk pertambangan adalah Hannay Reels. Produsen gulungan selang ini hanya memproduksi hose reel berstandar internasional dengan kualitas tinggi serta daya tahan yang lama nan andal. Produk-produk gulungan selang dari Hanney Reels juga tersedia untuk pertambangan bawah tanah, bawah air, maupun atas tanah.
  3. Portable hose reel. Gulungan selang portabel juga memiliki engkol seperti stationary hose reel. Bedanya, engkol pada jenis hosel reel ini terletak di bagian samping dan dioperasikan secara manual. Sehingga, pengguna perlu menggunakan tenaganya sendiri untuk menggulung selang. Jenis ini juga banyak digunakan pada industri pertambangan, khususnya pertambangan minyak untuk mendistribusikan minyak di sekitar lokasi pertambangan. Kelebihan gulungan selang ini adalah sifatnya yang portabel, jadi dapat dibawa dengan mudah ke mana pun ia dibutuhkan.

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis hose reel yang umum digunakan. Semoga informasi di atas bermanfaat.