Home Liburan

Waspada, Ini Risiko Kesehatan yang Bisa Disebabkan Oleh Naik Pesawat!

Ini dia risiko kesehatan yang bisa disebabkan karena naik pesawat. Simak, yuk!

251
0
SHARE
risiko kesehatan saat naik pesawat
source : liputan6

Pernahkah Anda merasa kurang sehat setelah naik pesawat? Ternyata memang ada beberapa risiko kesehatan yang disebabkan oleh naik pesawat. Maka dari itu, untuk berjaga-jaga, tak ada salahnya untuk beli asuransi online sebelum melakukan perjalanan. Terlebih lagi, risiko penularan penyakit itu tinggi di pesawat. Mengantisipasi potensi penyakit merupakan hal yang wajib dilakukan, terutama bagi Anda yang sering pergi naik pesawat. Karena itu, mari cari tahu apa saja risiko kesehatan yang bisa diakibatkan karena naik pesawat.

  • Flu

Flu merupakan penyakit yang paling sering dialami pada perjalanan udara. Pasalnya, penyakit ini dipicu oleh rendahnya kelembapan yang ada di dalam pesawat. Ruang yang tidak terlalu besar juga membuat sirkulasi udara tidak terlalu lancar dan mengakibatkan virus mudah berpindah dari satu penumpang ke penumpang lainnya. Namun jangan salah, mentang-mentang hanya sakit flu, Anda jadi tidak terlalu mengantisipasinya. Padahal jenis sakit flu pun ada berbagai macam, mulai yang ringan hingga yang berat.

  • Keracunan makanan

Di pesawat, jenis makanan yang bisa Anda konsumsi tentunya terbatas – hanya yang disediakan oleh maskapai. Meskipun setiap maskapai telah berusaha memberikan makanan yang terbaik, tetapi tetap saja ada risiko keracunan makanan. Misalnya saja ketika ada bahan makanan yang telah terkontaminasi atau bisa juga ada makanan yang membuat penumpang alergi. Jika tidak segera diatasi, keracunan makanan bisa berakibat fatal.

  • Penggumpalan darah

Penggumpalan darah atau deep vein thrombosis juga merupakan salah satu risiko naik pesawat yang cukup sering dihadapi. Penggumpalan darah ini dikarenakan Anda duduk terlalu lama di kabin yang sempit. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, penggumpalan darah ini bisa berisiko tinggi. Jika Anda obesitas, memiliki penyakit jantung, baru saja operasi, mengonsumsi pil KB, sedang hamil, atau sudah berusia paruh baya, Anda harus lebih hati-hati terhadap risiko penyakit ini.

  • Jet lag

Meski umum terjadi, jet lag juga merupakan risiko kesehatan yang patut diantisipasi. Jet lag dapat membuat tubuh lelah dan menurunkan daya tahannya. Sehingga tak jarang orang yang mengalami jet lag jadi lebih mudah terserang penyakit.

Jadi, waspadai risiko kesehatan di atas ketika sering melakukan perjalanan udara ya! (Rima)