Home Apartemen

Menghindari Tempat Berbahaya di Apartemen

Cara menghindari tempat berbahaya di apartemen!

181
0
SHARE

Harga apartemen Alam Sutera yang semakin terjangkau membuat para orang tua yang baru membentuk keluarga kecil memilih untuk tinggal di kawasan apartemen ini. Luas apartemen yang tidak terlalu besar membuat unit ini cocok untuk dihuni oleh tiga atau empat orang. Tidak heran jika apartemen di kawasan ini didominasi oleh pasangan yang baru menikah dan baru memiliki anak. Bahkan, mungkin Anda pun salah satunya.

apartemen
apartemen

Namun demikian, tinggal di apartemen bersama anak kecil ternyata tidaklah senyaman kelihatannya. Banyak sudut-sudut berbahaya di apartemen yang bisa membawa petaka bagi si kecil. Entah itu balkon, tangga, atau bahkan loteng ternyata bisa membawa ancaman serius untuk anak Anda. Untuk itu, Anda perlu melakukan penanganan khusus untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Pasang safety gate atau gerbang pelapis di setiap pintu pada ruang-ruang berbahaya. Misalnya pada pintu menuju dapur, menuju tangga, atau bahkan menuju balkon. Gerbang ini akan menjadi sistem proteksi yang meminimalisir kemungkinan ditembus oleh si kecil. Dengan demikian, kejadian berbahaya yang terjadi di dalam hunian bisa diperkecil.
  2. Buat railing sedikit lebih tinggi dari biasanya. Pastikan bahwa si kecil tidak bisa memanjatnya dan juga tidak bisa menyentuh puncaknya. Jika masih khawatir, cobalah untuk membuat clear rail guard atau bahkan jaring pengaman di sekitar balkon untuk menjadi lapisan proteksi jika si anak terjatuh dari Jangan lupa juga untuk memilih railing yang tidak memiliki banyak celah sehingga tidak bisa ditembus oleh anak.
  3. Singkirkan benda-benda yang bisa dijadikan sebagai ‘panjatan’ oleh si kecil. Misalnya saja bangku, meja, atau bahkan tumpukan kardus yang biasa disusun di balkon. Pasalnya, benda-benda seperti itu bisa menjadi batu loncatan untuk si kecil. Balkon dianggap sebagai sesuatu yang menarik karena susunannya terlihat berbeda dari bagian dalam apartemen. Anak kecil yang masih polos dan belum melihat banyak hal pastinya akan tertarik dengan balkon. Untuk itu, sebisa mungkin jagalah balkon Anda dari furnitur yang bisa dijadikan panjatan bagi anak.

Dengan melakukan tiga hal di atas, dijamin apartemen Anda akan lebih aman dan bisa mengurangi tingkat kecelakaan pada anak. Selamat mencoba dan jangan lupa terapkan di apartemen, ya! (TR)