Home Liburan

Pesona Alam Pantai Plengkung di Banyuwangi

Indahnya pemandangan alam yang disuguhkan oleh pantai Plengkung

157
0
SHARE
pantai plengkung
pantai plengkung

Anda pencinta surfing? Dan, ingin merasakan surfing di pantai yang memiliki ombak super besar di dunia? Hmm, Anda bisa menjajal ombak pantai yang terdapat di Pantai Plengkung di kota Banyuwangi. Pantai Plengkung sendiri terletak di bagian tenggara Pulau Jawa tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Namun, ada yang berbeda dari pantai yang satu ini, dimana pantai yang sangat cocok dijadikan sebagai industri pariwisata di Indonesia ini, memiliki nama lain dengan sebutan G-Land. Huruf G yang ada pada pantai ini diartikan sebagai Gragajan, yang mana tersembunyi sebuah teluk yang berada di bagian barat pantai Plengkung. Secara topografinya pantai dengan keindahan alam yang tiada dua ini, dikelilingi oleh hutan tropis yang masih alami dan belum terjamah oleh manusia.

Kenapa pantai Plengkung ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk berselancar?

Bagaimana tidak, di pantai yang menyajikan kecantikan alam yang masih tergolong natural ini, mempunyai ombak pantai yang sangat dahsyat. Saking dahsyatnya ombak di pantai Plengkung ini, membuat pantai yang sungguh memesona ini masuk ke dalam kategori The Seven Giant Waves Wonder atau pantai yang memiliki ombak paling besar di dunia. Ketinggian ombak yang disuguhkan oleh pantai indah ini pun mencapai angka 4 sampai dengan 6 meter dengan formasi hingga 7 gulungan ombak. Selama melakukan formasi ini, ombak di pantai Plengkung bisa mencapai panjang hingga 2 kilometer. Melihat hal ini, tidak mengherankan bukan apabila pantai Plengkung ini menjadi salah satu pantai yang paling dicari oleh wisatawan baik di dalam maupun luar negeri, dikarenakan menyuguhkan ombak pantai yang sungguh luar biasa dahsyat.

Biasanya, ombak pantai akan membesar di bulan Juni, Juli dan November, sehingga apabila Anda hendak merasakan suasana ombak pantai yang begitu dahsyat, Anda bisa mendatanginya di ketiga bulan yang sudah ditulis sebelumnya. Selain berselancar, di pantai Plengkung ini Anda juga bisa melakukan kegiatan lain yang tidak kalah menarik seperti bersantai di atas hamparan pasir putih, melihat indahnya gelombang air laut, mengabadikan momen indah bersama dengan teman maupun keluarga, merasakan suasana matahari terbenam yang hampir meninggal bumi, dan sebagainya. Untuk bisa sampai di pantai indah ini, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Sedangkan, untuk tempat penginapannya sendiri, Anda sudah bisa memesan penginapan di sekitar pantai.

Wah, seru banget nih kayaknya, jika Anda berlibur dan merasakan keindahan ombak di pantai Plengkung ini. –SH–