Home Tips & Trick

Mau Pakai Minyak Zaitun? Pastikan Tidak Salah Olah!

Saat menggunakan minyak zaitun, pastikan tidak salah dalam pengolahannya, ya!

211
0
SHARE

Saat ini, mulai banyak orang yang lebih memilih menggunakan minyak zaitun dalam menu makanan mereka. Hal ini bukan tanpa sebab, minyak zaitun sendiri mengandung lemak baik sehingga jika dikonsumsi tidak akan memengaruhi kesehatan tubuh. Di samping itu, minyak zaitun juga kaya akan manfaat contohnya seperti dapat membantu mengurangi risiko diabetes, ampuh dalam menurunkan berat badan, mencegah sakit jantung, serta membuat tulang menjadi lebih kuat, dan sebagainya. Mengingat bagusnya manfaat yang diberikan oleh minyak zaitun ini, maka tidak heran jika banyak toko jual minyak zaitun yang selalu dicari oleh para konsumen. Terlebih, minyak zaitun memiliki berbagai jenis berdasarkan kualitas dan proses pengolahannya.

olahan minyak zaitun
source : alodokter

Meski demikian, sebelum mengolah minyak zaitun ini, Anda harus mengetahui beberapa hal penting terlebih dahulu. Simak, yuk!

  1. Kue manis pakai minyak zaitun, bolehkah?

Selain bisa dijadikan untuk minyak memasak, sebenarnya minyak zaitun ini bisa pula Anda gunakan untuk adonan kue. Namun, pastikan untuk tidak memasukkannya dalam adonan kue yang bercita rasa manis, ya. Mengapa? Bukannya tidak boleh, akan tetapi rasa dan aroma yang dikeluarkan oleh minyak satu ini begitu kuat, sehingga jika digunakan untuk kue manis tidak menutup kemungkinan rasa dan aromanya akan langsung berbau minyak zaitun. Apabila Anda tetap ingin memakai minyak ini, maka gunakanlah dalam batas wajar tidak berlebihan supaya rasa kue tidak berubah.

  1. Masak pakai minyak zaitun murni (virgin olive oil), tidak masalah, kah?

Minyak zaitun murni memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, alangkah baiknya Anda tidak menggunakan minyak jenis ini untuk menggoreng makanan. Mengapa tidak boleh? Sebab minyak ini memiliki titik didih yang rendah, sehingga jika digoreng khasiat baik yang terdapat dalam minyak akan langsung hilang. Untuk itu, saat menggoreng makanan pilihlah minyak zaitun khusus untuk menggoreng seperti  Extra Light atau Pure Olive Oil bukan minyak zaitun murni atau biasa disebut Extra Virgin Olive Oil agar khasiatnya tidak tetap terjaga.

  1. Gunakan minyak zaitun untuk menggoreng, boleh, asal.

Banyak orang yang percaya jika memasak dengan menggunakan minyak zaitun jauh lebih sehat dibandingkan dengan minyak biasa. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan minyak ini untuk memasak berbagai jenis makanan. Meski begitu, ketika memakai minyak ini sebaiknya pilih jenis makanan yang cocok diolah dengan minyak zaitun agar rasa dan aroma dari minyak zaitun bercampur lezat dengan masakan Anda.

So, jeli sebelum memakai minyak zaitun, ya! –SH–