Home Mobil

Jangan Abaikan Tanda Aki Melemah Berikut Ini

Jangan pernah abaikan tanda aki melemah pada kendaraan roda empat Anda, ya!

160
0
SHARE

Bila Anda memercayakan perlindungan mobil kepada Asuransi Mobil Indonesia dari asuransi umum Chubb dan mobil Anda mengalami kerusakan di wilayah Jabodetabek, maka Anda tak perlu khawatir sebab asuransi ini memberikan fasilitas derek gratis khusus untuk mobil para pemegang polis yang mengalami kerusakan di wilayah tersebut.

tanda aki melemah
source : carfix

Namun, bukan berarti Anda jadi bisa begitu saja mengabaikan tanda-tanda kerusakan yang ditunjukkan oleh mobil Anda seperti beberapa tanda berikut ini yang muncul ketika aki mulai melemah:

  • Bunyi klakson pelan
  • Lampu mobil redup
  • Mobil sulit untuk dinyalakan

Aki merupakan komponen utama sistem kelistrikan mobil. Kondisi aki yang melemah akan mempengaruhi dan mendatangkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil, seperti melemahnya fungsi klakson dan lampu.

Jika mobil menggunakan aki basah, Anda dapat memeriksa sendiri volume air aki. Air aki yang berada di bawah batas minimum perlu untuk ditambahkan. Tetapi jika air aki berada di batas aman dan mobil masih menunjukkan ketiga tanda di atas meski, maka sebaiknya segera ganti aki dengan yang baru.

Sementara jika mobil menggunakan aki kering maka ada baiknya Anda segera membawa mobil tersebut ke bengkel terdekat untuk melakukan penggantian aki. Pengisian aki kering dengan cara menyuntikkan air aki dan menyegel ulang tutup aki sangat tidak disarankan, karena kesalahan pengisian ulang atau pemasangan kabel aki bisa berisiko menimbulkan korsleting listrik.

Lalu bagaimana jadinya jika mobil Anda tiba-tiba rusak saat sedang dikendarai? Pasti akan menghambat aktivitas Anda bukan? Itulah sebabnya mengetahui tanda aki melemah sangatlah penting, agar Anda dapat segera menggantinya jika memang tidak lagi bisa diatasi dengan cara lainnya.