Home Tips & Trick

4 Tips Aman Mengemudikan Mobil Truk

Supaya aman, begini cara mengemudikan truk. Yuk, terapkan!

335
0
SHARE

Mengemudikan mobil truk Biodiesel memang membutuhkan kehati-hatian supaya tidak menimbulkan kecelakaan yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun pengendara lainnya, khususnya ketika mengemudikan truk di jalanan yang menanjak.

mengemudikan truk
source : google

Untuk itu, agar lebih aman, berikut kami paparkan beberapa tips mengendarai mobil truk yang bisa diterapkan, check it out:

  1. Kenakan sabuk pengaman

Menurut penelitian yang dilansir dari americatruckdriving.com, 1 dari 6 pengemudi mobil truk biasanya tidak menggunakan sabuk pengaman pada saat berkendara. Padahal, penggunaan sabuk pengaman tidak hanya diwajibkan tetapi juga merupakan cara paling ampuh untuk mengurangi cedera.

Lebih dari 40% kematian terkait kecelakaan yang terjadi setiap tahunnya akibat pengemudi tidak mengenakan sabuk pengaman ketika berkendara. Oleh karena itu, jangan sampai mengabaikan penggunaannya.

  1. Hindari penggunaan telepon genggam

Saat ini, memang masih banyak saja pengemudi yang menggunakan telepon genggam saat berkendara, tak terkecuali pengemudi mobil truk. Padahal, sudah ada larangan untuk tidak menggunakan telepon genggam karena bisa membahayakan keselamatan.

Untuk itu, sebaiknya, hindarilah menggunakan telepon genggam, entah itu hanya untuk berbicara maupun mengirim pesan lantaran bisa mengganggu dan dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang serius.

  1. Tetap berkendara dalam batas wajar

Ada batas kecepatan berkendara yang wajib dipatuhi oleh semua pengemudi. Di mana, seperti yang dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah No. 79 tahun 2013, batas kecepatan paling rendah adalah 60 km/jam dalam kondisi arus bebas dan paling tinggi 100 km/jam untuk jalan bebas hambatan. Sedangkan, untuk jalanan antar kota paling tinggi 80 km/jam, pemukiman penduduk 30 km/jam, dan kawasan perkotaan 50 km/jam.

Supaya aman, maka berkendaralah dalam batas wajar dan jangan sampai ugal-ugalan karena dapat membahayakan keselamatan diri maupun pengendara lainnya.

  1. Cukupi waktu tidur dan hindari alkohol

Agar tidak menimbulkan masalah apapun, maka sebaiknya cukupilah waktu tidur sebelum berkendara. Atau, jika pada saat berkendara Anda merasa kelelahan disarankan untuk beristirahat sebentar baru kemudian lanjutkan perjalanan kembali.

Selain itu, hindari pula penggunaan alkohol sebelum berkendara karena ditakutkan nanti malah bisa menimbulkan kecelakaan yang bisa membahayakan keselamatan.

Itulah dia tips-tips aman mengendarai mobil truk yang sebaiknya Anda terapkan agar tidak menimbulkan kecelakaan dan lainnya. Selalu berhati-hati, ya!