Home Tips & Trick

Jaga Konsentrasimu di Kantor dengan Cara Ini

Agar kamu semakin konsentrasi bekerja di kantor, coba lakukan beberapa hal ini. Check it out!

167
0
SHARE
tips meningkatkan konsentrasi kerja
source : bernas.id

Mau di mana pun kantornya, entah di coworking space Jakarta atau bahkan di pinggir pantai sekali pun, kalau sudah tidak konsentrasi rasanya susah ya untuk fokus. Kalau sudah begini, biasanya kamu akan menyerah dan mulai scrolling sosial media. Niatnya sih untuk mencari inpirasi atau refreshing agar bisa lebih fokus pada kerjaan nantinya. Namun apa daya, semakin lama scrolling, semakin tidak fokus juga dirimu. Tanpa disadari, setengah waktu bekerjamu sudah terbuang sia-sia dan pekerjaanmu tak juga selesai! Waduh, kalau sudah begini, harus bagaimana ya?

Well, jika ini yang kamu alami, coba ikuti cara berikut ini untuk menjaga konsentrasi di kantor:

  1. Buat to do list. Sebelum mulai bekerja, coba deh untuk membuat daftar pekerjaan harian. Kamu bisa menuliskan to do list apa saja yang harus selesai hari ini sembari menikmati kopi pagimu. Membuat daftar pekerjaan harian akan membuat kamu lebih fokus terhadap pekerjaan karena ada deadline yang harus dipenuhi. Sebab dalam beberapa kasus, hilang konsentrasi sering disebabkan karena kamu tidak tahu apa saja yang harus kamu kerjaan sehingga bingung menentukan skala prioritas.
  2. Simpan ponsel di laci atau di dalam tas. Kalau kamu mau benar-benar fokus dan menyelesaikan semua pekerjaan, jauhkan ponsel dari area mejamu. Pasalnya, chat yang masuk atau notifikasi yang muncul di layar ponsel bisa mengganggu konsentrasimu. Simpanlah ponsel di dalam laci atau tas dan cek ketika pekerjaan kamu sudah selesai atau ketika
  3. Rapikan meja. Menjaga agar tempat kerja lebih kondusif juga bisa membuat kamu lebih fokus. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu merapikan meja kerjamu, ya. Singkirkan benda-benda yang tidak kamu pakai dan sisakan benda yang diperlukan untuk bekerja saja. Misalnya seperti note, pulpen, post it, dan lain sebagainya.
  4. Rehat sejenak. Kalau kamu sudah mencoba beberapa hal di atas dan mulai susah fokus, itu artinya kamu butuh istirahat. Ambil jeda waktu untuk bersantai dan meregangkan punggung. Jalan ke pantry untuk membuat teh, mengonsumsi camilan atau buah agar tetap sehat saat bekerja, atau sekadar cek ponsel sebentar juga boleh kok. Ketika kamu sudah merasa lebih santai, barulah mulai kembali pekerjaanmu.

Itu dia beberapa hal yang bisa membuat kamu lebih konsentrasi dalam bekerja. Semoga membantu, ya!