Home Mobil

Bawa Barang Melebihi Kapasitas, Ini Dampaknya untuk Mobil!

Jangan sampai mobil Anda kelebihan beban karena dapat berdampak buruk!

63
0
SHARE

Bepergian menggunakan mobil pribadi memang menyenangkan karena Anda bisa dengan leluasa mengunjungi berbagai tempat yang akan dituju. Selain itu, Anda juga dapat berhenti di mana pun yang diinginkan, salah satunya tempat pengistirahatan. Namun demikian, sekalipun Anda bepergian memakai mobil pribadi, alangkah baiknya tidak membawa banyak barang. Lantaran, terlalu banyak membawa barang dapat memberikan dampak buruk bagi mobil Anda. Beda halnya jika menggunakan truk Indonesia, membawa banyak barang tentu tidak akan menimbulkan masalah, bukan?

mobil kelebihan muatan
source : AsapMobil

Lantas, dampak apa sajakah yang akan ditimbulkan jika barang bawaan Anda sudah melebihi kapasitas di mobil? Cek, yuk! (dikutip dari; swara.tunaiku)

  1. Mobil tidak bisa melaju dengan stabil. Melansir dari tunaiku, kelebihan barang bisa menyebabkan mobil tidak bisa melaju dengan stabil atau mudah limbung. Jika Anda tidak berhati-hati mengendarai mobil, tentu bisa mengakibatkan mobil ambruk ke bagian samping. Dan parahnya lagi kalau sudah di tanjakan, mobil Anda tidak menutup kemungkinan malah mundur lagi ke belakang. Untuk itu, pintarlah dalam memilih barang yang akan dibawa untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi.
  2. Risiko ban pecah sangat tinggi. Dampak lain yang akan ditimbulkan apabila mobil sudah kelebihan muatan adalah dapat meningkatkan risiko ban mobil pecah di tengah perjalanan. Seperti diketahui, mobil sudah dirancang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, jika Anda mengabaikan hal ini tentu akan berdampak pada ban mobil Anda. Terlebih lagi, kalau Anda melakukan perjalanan jauh hingga berhari-hari tentu akan semakin meningkatkan risiko tersebut.
  3. Mobil pun berisiko terbalik ketika melewati turunan. Seperti banyak kasus, mobil dengan muatan yang melebihi kapasitas akan berisiko terbalik ketika melewati turunan. Begitu pun dengan mobil pribadi, ketika melewati turunan bukan tidak mungkin kalau mobil yang Anda kendarai terbalik saat melewati jalanan yang menurun. Kalau begini, tentu akan sangat membahayakan kesematan Anda maupun keluarga, kan?
  4. Pengendara akan kesulitan saat mengendarai mobil. Mobil yang melebihi kapasitas pun akan sangat menyulitkan pengendara saat akan mengendarai mobil tersebut. Pengendara akan membutuhkan tenaga ekstra ketika berkendara dan laju mobil pun akan mengalami penurunan. Jika sudah begini, tentu tidak memungkinkan sekali Anda pulang sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Itulah dampak buruk yang ditimbulkan apabila Anda kelebihan membawa banyak barang. So, jangan lakukan ini, ya! –SH–