Home Liburan

Bersantai di Pedestrian Bundaratta, Makassar

Saat berlibur di Makassar, jangan lupa bersantai di Pedestrian Bundaratta, ya!

380
0
SHARE
Pedestrian Bundaratta Makassar
source : kabar.news

Semakin banyak daerah yang terus memperbaiki pedestriannya, salah satunya adalah Kota Makassar. Perbaikan ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan pada para pejalan kaki yang melintas di atasnya. Dengan begitu, mereka juga bisa menikmati beberapa bangunan unik yang dimiliki oleh sederet hotel di Makassar yang sedang dilewatinya. Tidak hanya itu saja, beberapa pedestrian bahkan didesain secara khusus agar tidak hanya berfungsi sebagai jalur pejalan kaki saja, tetapi juga sebagai tempat bersantai warga Makassar.

Pedestrian Bundaratta adalah salah satu contohnya. Pedestrian ini dibuat tidak seperti trotoar lain pada umumnya, karena bebatuan yang digunakan berbentuk lingkaran dengan berbagai macam warna yang disusun secara rapi sehingga terlihat menarik. Tidak hanya itu, ada ukiran pada bebatuan tersebut yang berisikan nama pahlawan terdahulu yang beraasal dari Kota Makassar. Harapannya dengan adanya ukiran ini, masyarakat lokal maupun wisatawan yang bersantai di area ini dapat mengenal nama-nama pahlawan tersebut dan mengingat jasa mereka.

Trotoar ini juga dibuat agak luas untuk memberikan ruang bagi para pedagang kaki lima untuk menjajakkan dagangannya. Warga dari beberapa kecamatan yang ada di sekitar area tersebut diizinkan untuk berjualan suvenir khas Makassar. Dengan begitu, wisatawan yang melintas tidak perlu mencari tempat lain untuk membeli suvenir dan warga sekitar bisa mendapatkan penghasilan.

Untuk pejalan kaki yang merasa lelah, disediakan juga tempat duduk berupa lingkaran berwarna-warni yang ada di beberapa titik. Selain itu, di beberapa wilayah pedestrian ini juga disediakan mainan anak-anak seperti perosotan. Jadi, untuk warga yang memiliki anak-anak bisa mengajaknya bermain dan bersantai di pedestrian ini. Di sekitar pedestrian ini, ditanam berbagai pohon yang bertujuan untuk menyejukkan area tersebut. Jadi, pejalan kaki yang melintas tidak akan merasa kepanasan.

Saat ini, pedestrian bundaratta sudah ada di beberapa wilayah di Kota Makassar. Sayangnya, beberapa lokasi pedestrian ini justru dijadikan tempat parkir kendaraan yang akhirnya membuat para pejalan kaki tidak merasa nyaman melintas di atasnya, seperti pedestrian yang berlokasi di Jl. RA Kartini.