Home Tips & Trick

Ini Aset yang Bisa Menjadi Penjamin Saat Meminjam Uang!

Ini dia aset penjamin yang bisa dijadikan jaminan ketika meminjam uang. Langsung cek, yuk!

248
0
SHARE

Saat ingin membuka salah satu usaha entah itu di bidang kuliner, event organizer, properti, dan sebagainya, Anda pasti butuh modal besar, kan? Yap, tanpa adanya modal, tentu Anda akan kesulitan mendirikan usaha dan nantinya semakin susah mendapatkan keuntungan. Namun, tidak usah khawatir, kini sudah banyak tempat pinjaman usaha yang bisa dipinjami dana tunai untuk pendirian usaha Anda, contohnya bank. Cara pinjamnya pun tergolong mudah, Anda tinggal menyiapkan berkas yang dibutuhkan dan jangan sampai lupa untuk memberikan aset penjamin agar dana cepat cair di bank.

penjamin ketika meminjam uang
source : sharinvest

Nah, khusus buat Anda yang ingin meminjam dana tunai kepada pihak bank, berikut ini merupakan beberapa aset yang bisa dijadikan sebagai penjamin, seperti: (dikutip melalui: moneysmart)

  1. Tanah. Anda punya sebidang tanah? Langsung jadikan penjamin saat berniat meminjam uang pada bank. Menjaminkan tanah kepada pihak bank, maka peluang Anda mendapatkan pinjaman pun akan semakin besar karena sama-sama diketahui harga tanah saat ini terbilang sangat mahal. Akan tetapi, saat meminjam uang, Anda harus menyertakan bukti asli kalau tanah tersebut memang milik Anda sendiri, lantaran nantinya pihak bank akan melakukan survey. Dan apabila mendapati tanah itu bukan milik Anda, maka bisa dipastikan dana pinjaman akan sulit cair.
  2. Kendaraan bermotor. Jika Anda memiliki kendaraan bermotor di rumah, maka jadikanlah jaminan saat meminjam uang. Pihak bank tidak akan menolak jika Anda menjaminkan kendaraan bermotor ini, dan agar dana cepat cair berikanlah BPKB motor maupun mobil Anda. Jangan menyerahkan BPKB yang bukan milik Anda atau saudara n, takutnya nanti malah dana tidak bisa cair dan malah membuat Anda tidak jadi membuka usaha yang sudah lama diimpikan.
  3. Mesin pabrik. Siapa sangka, mesin pabrik juga bisa dijadikan sebagai aset penjamin apabila ingin meminjam dana tunai pada bank. Biasanya, ketika nasabah meminjam uang dengan jaminan mesin pabrik ini, mereka akan melakukan survey mesin terlebih dahulu. Nanti pinjaman yang didapatkan bergantung pada seberapa lama usia mesin, semakin lama usianya maka pinjaman pun akan semakin rendah.

Selain aset tersebut, Anda pun bisa menjaminkan bangunan dan surat berharga atau saham. Selamat mencoba! –SH–