Home Apartemen

Pahami Dulu Biaya Ini Sebelum Tinggal di Apartemen

Sebelum tinggal di apartemen, alangkah baiknya kamu cari tahu dulu biaya apa saja yang harus dibayar. Yuk, cek!

216
0
SHARE

Tinggal di apartemen seperti Apartemen SouthCity atau apartemen lainnya memang berbeda dengan tinggal di rumah. Salah satunya terkait masalah biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya. Jika Anda tinggal di rumah, mungkin biaya yang harus dibayarkan hanyalah listrik, air (untuk pengguna PDAM), kebersihan, dan keamanan. Sementara untuk penghuni apartemen, ada beberapa biaya lain yang harus dibayar.

beberapa biaya yang harus diperhatikan sebelum tinggal di apartemen
source : liputan6

Nah, supaya Anda tidak merasa kaget ketika harus membayar biaya-biaya tersebut, yuk ketahui dulu biaya apa saja sih yang harus dibayar oleh penghuni apartemen! Terutama untuk Anda yang baru berencana membeli apartemen untuk pertama kalinya.

  • Biaya parkir

Untuk Anda yang hanya memiliki satu mobil atau kendaraan bermotor, tidak perlu khawatir dengan biaya ini. Sebab, biasanya parkir adalah fasilitas gratis yang diberikan oleh pengelola apartemen untuk penghuninya. Namun, jika Anda memiliki lebih dari satu kendaraan, maka bersiaplah untuk membayar biaya parkir setiap bulannya. Semakin banyak kendaraan yang Anda miliki, maka akan semakin mahal pula biaya parkir yang harus dibayarkan.

  • Maintenance

Biaya ini digunakan untuk biaya operasional, seperti biaya kebersihan. Besarannya biaya akan dihitung berdasarkan dari luas ruang apartemen yang ditempati, yaitu berdasarkan meter persegi. Semakin besar ruang apartemen maka akan semakin besar pula biaya yang harus dibayarkan.

  • Biaya listrik dan air

Sama halnya jika Anda tinggal di rumah, tinggal di apartemen tetap mewajibkan Anda untuk membayar biaya air dan listrik bulanan. Besaran biayanya juga akan bergantung pada seberapa besar penggunaan bulanan Anda.

  • Sinking fund

Biaya ini sebenarnya mirip dengan maintenance, hanya saja digunakan untuk yang berkaitan dengan fasilitas publik. Misalnya pengelolaan sampah, perbaikan lift, saluran air, dan sebagainya.

Jika Anda melihat poin di atas, mungkin tinggal di apartemen akan terasa lebih memberatkan dari segi biaya bila dibandingkan dengan tinggal di rumah. Namun, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan dengan tinggal di apartemen, salah satunya yaitu kelengkapan fasilitas yang membuat Anda tidak perlu pergi ke mana pun lagi untuk menikmatinya. Misalnya saja seperti kolam renang, gym, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Dan tidak kalah penting Anda pun bisa bebas memilih beragam desain interior yang nantinya diterapkan dalam apartemen, contohnya seperti desain minimalis.