Home Tips & Trick

Hilangkan Noda Membandel dengan Jeruk Nipis

Noda membandel tidak mau hilang di peralatan memasak? Hilangkan dengan jeruk nipis!

124
0
SHARE

Saat memasak masakan lezat kesukaan keluarga tercinta di dapur luxury residence mega kuningan, pastinya Anda sering menggunakan air perasan jeruk nipis ke dalam masakan. Faktanya, menjelaskan jika menambahkan perasan air dari jeruk nipis ini, maka dapat memunculkan cita rasa gurih pada masakan. Akan tetapi tidak hanya makanan, jeruk nipis ini pun bisa digunakan untuk menghilangkan sekaligus membersihkan noda membandel yang muncul akibat dari makanan yang dimasak di dapur.

luxury residence mega kuningan
source : food.detik.com

Adapun beberapa noda membandel yang bisa dihilangkan dengan jeruk nipis ini adalah sebagai berikut ini. Yuks, disimak penjelasannya!

  1. Minyak di peralatan plastik. Biasanya, saat memasak makanan yang mengandung banyak minyak, tentu sangat sulit untuk dihilangkan, bukan? Apalagi, menempel di bagian peralatan yang terbuat dari bahan plastik, pasti akan terasa semakin sudah untuk dibersihkan. Akan tetapi, dengan bantuan jeruk nipis, noda minyak bukan masalah lagi, sebab jeruk nipis mampu menghilangkan noda tersebut dengan sangat cepat. Caranya? Cukup memotong setengah jeruk nipis dan dimasukkan ke dalam sabun cuci piring, dan aplikasikan langsung ke peralatan berminyak.
  2. Kunyit yang menempel di peralatan masak. Tidak hanya minyak, sisa noda kuning yang berasal dari kunyit pun bisa dihilangkan dengan jeruk nipis. Memang, noda ini tidak menimbulkan bahaya yang mana bila digunakan untuk memasak masakan yang berbeda, tapi jika dibiarkan tentu lama-kelamaan noda ini akan menempel dan susah untuk dihilangkan. Maka dari itu, hilangkanlah dengan jeruk nipis, yang mana Anda tinggal menggosokkan setengah potong jeruk nipis ke bagian peralatan yang terkena kunyit. Lakukan cara ini sampai warna kuning menghilang di peralatan.
  3. Karat yang muncul di pisau dapur. Dijadikan sebagai alat untuk memotong bahan makanan dengan jenis yang berbeda, maka tidak heran jika pisau menjadi berkarat. Namun, karatan ini bisa kok Anda hilangkan dengan cara merendamnya di dalam sebuah mangkok besar ataupun ember kecil yang sudah diberi perasan jeruk nipis. Tunggu beberapa menit, dan lalu keluarkan pisau dari ember atau mangkok tersebut. Apabila karatannya masih tersisa, ulangi cara itu sekali lagi.

Gimana? Sangat mudah sekali bukan menghilangkan noda membandel yang muncul di berbagai peralatan dapur? –SH–