Home Apartemen

Cara Mudah Melepaskan Wallpaper Tanpa Bantuan Ahli

Mau melepaskan wallpaper di dinding apartemenmu? Coba terapkan tips penting berikut ini!

97
0
SHARE
tips melepaskan wallpaper dinding
source : TitRov

Bosan dengan wallpaper yang sekarang ini kamu gunakan di unit premium apartment Jakarta milikmu? Jangan khawatir, kamu bisa menggantinya kapan pun kamu mau, kok. Salah satu kemudahan menggunakan wallpaper dibanding cat dinding adalah kamu bisa bebas menggantinya kapan pun diinginkan. Cara penggantiannya pun mudah: berikut cara melepaskan wallpaper lama sebelum menggantinya dengan yang baru tanpa bantuan ahli:

  1. Basahi wallpaper dengan air hangat. Ketika dipasang, wallpaper akan direkatkan dengan lem khusus sehingga tak mudah lepas. Oleh sebab itu, melepaskannya secara paksa dengan menggunakan pisau akan membuat dinding apartemen rusak. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membasahi wallpaper dengan menggunakan air hangat. Hal ini akan membuat daya rekat pada lem menurun sehingga kamu bisa melepaskan wallpaper dengan mudah. Basahi wallpaper dengan air hangat, lalu diamkan selama beberapa saat sebelum mulai melepaskannya.
  2. Gunakan pisau. Langkah berikutnya adalah melepaskan wallpaper dengan menggunakan pisau khusus. Pisau ini akan membantu mencopot wallpaper secara efektif tanpa merusak lapisan dinding di baliknya. Kamu bisa membeli pisau khusus ini di toko bangunan karena selain untuk mencopot wallpaper, pisau ini juga bisa digunakan untuk mengelupas cat. Saat melepaskannya, mulailah dari bagian ujung atas lalu kelupas perlahan-lahan sampai terlepas sempurna.
  3. Lepaskan dari bagian atas. Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, ada baiknya lepaskan wallpaper dari bagian ujung atas terlebih dahulu. Sebab ketika ujung bagian atas sudah terlepas, bagiannya akan tergulung dengan sendirinya sehingga akan memudahkan proses pelepasan wallpaper. Memang agak sulit untuk melepaskan wallpaper dari bagian atas, tapi kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan bangku tinggi yang aman.
  4. Pastikan tak ada lem yang tersisa. Setelah wallpaper terlepas sempurna, jangan lupa untuk mengecek permukaan dindingnya. Pastikan tidak ada lem yang tersisa dan jikalau masih ada yang melekat, bersihkan dengan menggunakan pisau khusus. Sisa lem yang melekat akan membuat proses perekatan wallpaper menjadi tak sempurna.

Itu dia cara mudah melepaskan wallpaper yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa bantuan ahli. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!