Home Properti

Cara Merawat Dinding Rumah Berdasarkan Jenisnya

Dinding rumah yang tidak terawat tentunya akan membuat tampilan rumah menjadi kurang menarik. Untuk itu, rawatlah tersebut dengan beberapa cara ini. Simak, yuk!

30
0
SHARE

Jika Anda sering melihat contoh-contoh properti Indonesia yang ada di televisi, mungkin Anda kagum dengan keindahannya. Padahal, rumah Anda juga bisa terlihat lebih indah dan rapi seperti di TV lho. Salah satu hal yang paling penting dalam keindahan interior rumah adalah kondisi dindingnya.

merawat dinding rumah
source : rumahminimalismewah

Dinding rumah yang tidak terawat tentunya akan membuat tampilan rumah menjadi kurang menarik. Namun banyak yang tidak tahu bagaimana cara merawat dinding rumah sehingga noda-noda dan kerusakan sering terjadi. Bagaimana cara tepat menjaga dinding agar tetap terlihat bersih dan terawat? Ini dia!

  1. Cat Dinding

Untuk cat dinding, sebetulnya perlu dicat ulang paling tidak setiap enam bulan atau setahun sekali. Sebab, cat dinding mudah pudar seiringnya waktu. Apalagi jika terkena sinar matahari, air, dan noda-noda. Terutama untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah. Biasanya dinding rumah terdapat banyak noda dan coretan. Untungnya sekarang juga sudah tersedia banyak pilihan cat dinding yang mudah dibersihkan dari noda.

  1. Wallpaper

Berbeda dengan cat dinding, warna wallpaper memang tidak mudah pudar. Namun bukan berarti tidak perlu perawatan. Wallpaper juga rentan terkena debu. Karena itu, Anda perlu rutin membersihkannya dengan kain setengah basah atau vacuum cleaner.

Tak jarang wallpaper juga lepas dari lem atau sobek. Untuk mengatasinya, Anda bisa menempelnya kembali dengan lem khusus wallpaper atau memasangnya ulang wallpaper menggunakan wallpaper cadangan.

  1. Dinding Kayu

Dinding yang terbuat dari atau terlapis dengan kayu memang terlihat lebih unik dan elegan. Kesan kayu akan membuat interior rumah Anda menjadi lebih homy dan hangat. Namun sayangnya dinding kayu ini rentan terhadap rayap dan jamur.

Jika tidak dirawat dengan baik, dinding kayu bisa rapuh dan menimbulkan bau tidak sedap. Tapi jangan khawatir, Anda bisa merawatnya dengan rutin mengelapnya dengan lap kering dan memiles kayu secara berkala.

  1. Batu Alam

Dinding yang terbuat dari batu alam memang menambahn nilai estetika pada rumah Anda. Dindingd dari batu alam pun cukup awet, namun Anda perlu membersihkan dan menyikatnya dengan rutin. Jika ingin tampak seperti baru, Anda bisa memberikan coating khusus secara berkala. (sc: desaininterior.me)

Semoga bermanfaat ya! (Rima)

LEAVE A REPLY