Home Rumah

Begini Cara Merawat Material UPVC

Rumah Anda menggunakan UPVC? Begini tips merawatnya yang baik dan benar! Selamat mencoba, ya!

412
0
SHARE

Unplasticized Poly Vinyl Chloride atau UPVC merupakan material yang kerap dijadikan sebagai kusen pintu maupun jendela rumah. UPVC sendiri terbuat dari 85% PVC dan 15% titanium, oxide, color pigments, filler, modifier, serta stabilizier. Material ini tahan terhadap perubahan cuaca, rayap, dan kedap suara, karena itulah tidak heran bila material satu ini selalu dipilih sebagai kusen rumah. Terlebih, sekarang harga material UPVC yang dijual oleh para agen UPVC Indonesia pun sangatlah terjangkau dengan isi kantong, tentu ini akan semakin dicari oleh penghuni, kan?

tips merawat UPVC
source : aparna venster

Nah, agar material UPVC ini awet, tentu diperlukan perawatan secara maksimal. Lantas, bagaimanakah cara merawat material satu ini? Mari, kita simak pembahasannya!

  1. Gunakan air hangat. Rutinlah selalu membersihkan material UPVC ini menggunakan air hangat. Dipercaya, air hangat dapat membantu menghilangkan noda membandel maupun debu yang menempel pada material UPVC, dengan begini tentu material tersebut akan terlihat semakin mengkilap, bersih, dan terhindar dari debu. Cara perawatannya pun bisa dibilang sangat mudah, Anda tinggal mengambil seember air hangat, lap lembut, dan lap kering. Kemudian, langsung bilasi UPVC dengan lap yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Setelah itu, barulah keringkan menggunakan lap kering.
  2. Gunakan cairan pembersih UPVC. Jika pembersihan memakai air hangat dirasa kurang, maka Anda bisa memanfaatkan cairan pembersih khusus untuk membersihkan material UPVC. Tidak usah khawatir, cairan pembersih ini bisa Anda temukan di berbagai toko bahan bangunan yang juga menjual UPVC. Bagaimana cara penggunaannya? Siapkan air hangat, lap, dan cairan pembersih. Lalu, campurkan cairan pembersih tersebut dengan air hangat, kemudian celupkan langsung lap pada campuran itu. Setelah itu, Anda tinggal membersihkan material UPVC hingga mengkilap.
  3. Gunakan lap biasa bertekstur lembut. Yang paling menguntungkan, material ini juga bisa dirawat hanya menggunakan lap biasa bertekstrur lembut. Tentu, ini akan semakin memudahkan Anda ketika membersihkan kotoran membandel yang menempel pada UPVC, kan? Caranya pun mudah, Anda hanya perlu menyiapkan lap, kemudian langsung bersihkan material sampai mengkilap kembali.

Itulah beberapa cara mudah merawat berbagai material UPVC baik jendela, pintu biasa, atau pun untuk merawat pintu geser UPVC agar selalu awet! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah, ya! –SH–