Home Tips & Trick

Begini Cara Menghilangkan Lem yang Mengenai Kulit

Kulit tangan terkena lem? Begini cara menghilangkannya. Yuk, coba!

68
0
SHARE

Apa yang kamu lakukan saat ada aksesoris yang rusak karena patah? Memanfaatkan lem kuat untuk memperbaikinya mungkin akan kamu lakukan. Daripada langsung membuangnya begitu saja, kan sayang! Benar tidak?

lem mengenai kulit
source: KliknClean

Namun, terkadang pada saat sedang memperbaikinya tanpa sengaja ada tetesan lem yang mengenai kulit tangan. Jika sudah begitu rasanya pasti sangat menyebalkan. Apalagi jika lem yang digunakan sangat kuat dan tidak bisa begitu saja hilang hanya dengan mencuci tangan. Nah, jika sudah begitu kamu tentunya harus menghilangkannya dengan cara yang benar. Berikut ini adalah beberapa di antaranya: (Source: medicalnewstoday dan wikihow)

  • Coba kelupas manual

Jika lem yang melekat pada jari jumlahnya sangat sedikit, kamu bisa coba untuk mengelupasnya secara manual dengan menggunakan kukumu. Namun, kamu harus sangat hati-hati saat melakukannya agar kulitmu tidak terluka. Selain itu, ini hanya bisa kamu lakukan jika kulitmu tidak termasuk kulit sensitif. Kamu juga harus langsung menghentikannya ketika lem masih menempel kuat setelah dicoba.

  • Rendam air hangat

Rendam area yang terkena lem dengan air hangat yang dicampur dengan sabun selama 5-10 menit. Campuran cairan ini akan membantu melembutksan lem sehingga bisa lebih mudah dikelupa dari kulit. Namun, sama seperti cara pertama, jangan pernah melanjutkan jika kamu merasakan sakit meskipun sedikit di area tersebut.

  • Manfaatkan acetone

Acetone memiliki kandungan yang dapat membantu menghilangkan lem dari permukaan kulit. Namun yang perlu diingat, kandungannya juga berpotensi menyebabkan kulit kering dan iritasi. Itulah sebabnya, kamu wajib untuk segera mencuci tangan begitu lem di permukaan kulit hilang. Namun, jika kulitmu mulai menunjukkan tanda iritasi sebelum lem hilang, maka segera hentikan pemakaian.

  • Manfaatkan air lemon

Jika kamu punya air lemon, kamu juga bisa memanfaatkan. Rendam area kulit dalam air lemon selama sekitar 5 – 10 menit dan kemudian gosok lem tersebut secara perlahan menggunakan sikat yang lembut. Pastikan tidak ada area yang luka pada bagian yang direndam karena mungkin akan menimbulkan rasa perih yang luar biasa.

Jika setelah kamu mencoba semua cara di atas lem masih belum bisa hilang juga dari permukaan kulitmu, maka kamu harus mengkonsultasikannya pada dokter kulit. Semoga bermanfaat! (Vita)

LEAVE A REPLY