Home Berita

Beberapa Jenis Minyak Bumi yang Wajib Diketahui

Apakah kamu sudah tau beberapa jenis penyulingan minyak bumi? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

501
0
SHARE

Minyak bumi merupakan bahan bakar hasil penyulingan berbentuk cairan berwarna coklat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti bahan bakar industri yang bisa dibeli melalui agen jual solar industri. Minyak bumi sendiri terbuat dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang tertimbun selama jutaan tahun lalu dengan suhu yang sangat ekstrem sehingga mencair dan menghasilkan minyak bumi yang tidak dapat diperbarui manusia.

jenis minyak bumi
source : kisah asal usul

Terdapat beberapa jenis minyak bumi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yang wajib diketahui, berikut di antaranya; (source: ilmugeografi)

  1. Solar. Solar atau biasa dikenal dengan diesel adalah hasil minyak bumi yang didapat melalui distilasi minyak mentah yang dibakar dalam suhu 200 sampai 300o celcius. Minyak bumi jenis ini berwarna sedikit kekuningan dan biasa digunakan sebagai bahan bakar utama untuk kendaraan bermesin diesel maupun mesin pada industri. Solar bersifat tidak mudah menguap apabila disimpan dalam waktu tertentu, akan tetapi jika kandungan sulfur dalam solar ini kecil bisa menyebabkan kebakaran.
  2. Bensin. Anda pasti sudah kenal betul dengan hasil bumi satu ini, kan? Yap, bensin merupakan bahan bakar yang biasa dijadikan sebagai cairan untuk mesin kendaraan bermotor. Namun, untuk jenis bensin yang kerap digunakan adalah yang memiliki oktan cukup tinggi, sebab semakin jumlah tinggi kapasitas oktan maka akan semakin bagus pula kualitas bensin yang dihasilkan. Nah, sama halnya dengan solar, bensin juga terbuat dari distilasi minyak mentah.
  3. Avgas. Ada yang tahu dengan avgas? Avgas sendiri adalah sejenis minyak bumi yang kegunaannya untuk bahan bakar pesawat terbang yang biasanya menggunakan mesin piston (piston engine). Selain pesawat terbang, avgas juga sering dimanfaatkan untuk bahan bakar mobil balap dan pesawat tempur. Berbeda dengan bahan bakar sebelumnya, avgas diperoleh dari gasoline yang membeku.

Selain minyak bumi di atas, masih banyak minyak bumi jenis lainnya, seperti;

  • Kerosin
  • Premium
  • Avtur
  • LPG
  • CNG
  • LNG
  • Metana
  • Etana

Itulah jenis minyak bumi yang dihasilkan langsung dari alam dan sangat wajib kita ketahui. Semoga memberikan banyak manfaat, ya! –SH–