Home Kesehatan

Atasi Panas Dalam dengan Melakukan Beberapa Hal Ini

Yuk, atasi panas dalam yang menyerang tubuh dengan melakukan beberapa cara berikut. Apa aja tuh? Yuk, disimak!

244
0
SHARE

Sama halnya dengan pertanda tubuh terlalu banyak mengonsumsi gula, tubuh juga akan menunjukkan gejala ketika sedang mengalami panas dalam. Seseorang yang mengalaminya, akan merasakan panas secara berlebihan, khususnya pada bagian sistem pencernaan. Munculnya panas dalam ini bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, bagian mulut menjadi lebih berbau, sekaligus perut terasa tidak enak. Meskipun terdengar cukup parah, tetapi masalah ini tidak sampai harus membuat Anda memanfaatkan asuransi kesehatan untuk mengobatinya asalkan Anda segera mengatasi dengan cara yang tepat.

mengatasi panas dalam
source : tips sehat alami

Caranya tidaklah sulit, Anda bisa mencoba beberapa hal ini:

  1. Berkumur dengan air garam. Tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan untuk pemberi rasa asin pada makanan, ternyata garam pun bisa digunakan untuk obat pereda panas dalam. Hal ini karena garam mengandung antioksidan sangat tinggi, sehingga bisa membantu membasmi segala macam bakteri yang ada di mulut. Caranya, cukup mengambil tiga sendok makan, kemudian dimasukkan ke dalam air hangat. Lalu, Anda bisa langsung berkumur-kumur dengan air tersebut selama 20 sampai 30 detik dan jangan sampai meminum air garam itu.
  2. Perbanyak makan buah dan sayuran. Agar panas dalam cepat sembuh, maka Anda harus memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Kedua makanan ini mengandung vitamin, mineral, dan serat sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk memperlancarkan sistem pencernaan. Di samping itu, makanan tersebut juga kaya akan kandungan antioksidan sehingga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, untuk jenis sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi adalah seperti kangkung, brokoli, bayam, terong, wortel, apel, pepaya, anggur, dan strawberry.
  3. Olesi madu pada bagian yang panas dalam. Menurut sebuah penelitian, madu ternyata begitu ampuh meredakan masalah yang muncul pada tubuh, salah satunya adalah panas dalam. Ini bukan tanpa alasan, sebab madu memang mengandung kandungan nutrisi berupa vitamin, kalsium, zat besi, zinc, potassium, riboflavin, protein yang dapat membantu menyehatkan tubuh sekaligus meredakan panas dalam. Bagaimana caranya? Cukup mengolesi madu pada bagian yang sariawan di bagian bibir. Atau jika ingin hasilnya lebih efektif, Anda bisa mencampur beberapa sendok madu asli ke dalam air hangat kemudian langsung minum.

Selain ketiga poin di atas, panas dalam juga bisa diatasi dengan cara memperbanyak minum air putih, kompres dengan es batu, atau gunakan ampas teh celup. Semoga bermanfaat, ya!