Home Tips & Trick

Agar Tidur Siang Lebih Efektif, Ikuti Tips Berikut Ini

Mau tidur siang yang lebih berkualitas? Yuk, terapkan beberapa tips di bawah ini, cekidot!

91
0
SHARE

Ada banyak cara untuk meningkatkan produktivitas harian dan menjaga tubuh dari risiko kelelahan. Salah satunya adalah dengan tidur siang secara rutin. Ya, meskipun seringkali dianggap sebagai pengganggu waktu tidur di malam hari, tidur siang justru bisa meningkatkan kualitas tidur Anda jika dilakukan secara efektif. Bahkan Anda tak perlu lagi menggunakan polis asuransi kesehatan individu untuk mengatasi burnout karena bekerja.

tidur siang
source : detikHealth

Nah, agar tidur siang Anda lebih efektif dan bisa membantu meningkatkan produktivitas harian, ikuti beberapa hal ini, ya:

  1. Durasi tidur. Banyak yang berpikir bahwa tidur siang yang efektif haruslah memakan durasi sekitar 1 atau 2 jam. Padahal tidak demikian, lho. Tidur siang yang ideal justru tidak memakan durasi lama, 20-30 menit saja sudah cukup dengan catatan waktu tidurnya berkualitas. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tidak mencapai tahapan tidur yang lebih dalam dan mengurangi risiko pusing saat terbangun. Dengan tidur sekitar 30 menit, seseorang akan lebih segar dan bisa kembali semangat untuk melanjutkan aktivitas.
  2. Tidur di tempat yang tenang. Lokasi tidur juga berpengaruh pada kualitas tidur yang didapat. Tempat yang tenang, sepi, dan tidak berisik akan mempermudah Anda untuk tidur lelap dalam waktu yang singkat.
  3. Perhatikan waktu tidur. Waktu untuk tidur siang yang tepat adalah di antara pukul 12 dan 1 siang. Hindari untuk tidur di atas jam 2 siang karena sudah terlalu sore dan bisa mengganggu tidur malam Anda. Jangan sampai karena tidur siang, jam tidur di malam hari menjadi terganggu.
  4. Jadikan tidur siang sebagai rutinitas. Merencanakan jam tidur siang setiap hari bisa membantu Anda menjadikan aktivitas ini sebagai rutinitas. Dengan demikian, tubuh akan terbiasa dan terlelap di jam yang sudah ditentukan. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa tidur siang yang berkualitas bisa membuat seseorang menjadi lebih happy, tidak mengalami mood-swing, dan lebih fokus saat bekerja. Jadi, tak ada salahnya menjadikan tidur siang sebagai rutinitas harian.

Itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan agar tidur siang Anda menjadi lebih berkualitas. Untuk Anda yang sedang WFH, sebaiknya tidur siang ini dilakukan saat jam makan siang saja agar tidak mengganggu waktu bekerja, ya!