Home Berita

5 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Berdasarkan Penutur Aslinya

Ini dia beberapa bahasa yang ternyata paling banyak digunakan berdasarkan pada penutur asli. Sudah tahu?

88
0
SHARE
bahasa dengan penutur asli
source : kumparan

Selaku kode komunikasi internasional, Bahasa Inggris jelas saja merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini. Namun, tahukah kamu jika statistik menunjukkan adanya perbedaan dalam daftar bahasa yang paling banyak digunakan—jika diurutkan berdasarkan penutur aslinya? Bahasa mana sajakah itu? Temukan jawabannya dalam artikel berikut!

  1. Bahasa Mandarin. Menurut beberapa sumber, Mandarin merupakan kode komunikasi yang paling banyak memiliki penutur asli (native speaker). Dilansir dari situs Babbel, bahasa ini mempunyai 1,3 miliar penutur asli per tahun 2019. Meskipun masih ada perdebatan di antara para ahli bahasa soal angka pastinya, namun Mandarin dipastikan merupakan bahasa yang paling banyak mempunyai penutur bahasa di dunia ini. Sebab, demografi penduduk keturunan China merupakan yang tertinggi di dunia. Mandarin merupakan bahasa resmi di seluruh daratan China, Taiwan, Singapura. Bahasa ini juga digunakan oleh warga China yang tersebar di seluruh dunia.
  2. Bahasa Spanyol. Bahasa Spanyol berada di urutan kedua setelah Mandarin. Diperkirakan, bahasa ini memiliki oleh 460 juta penutur aslinya. Hampir seperti Mandarin, Bahasa Spanyol juga mempunyai penutur asli yang banyak karena demografi penduduknya yang banyak dan tersebar di beberapa bagian dunia. Selain di Spanyol—yang berada di Eropa, bahasa ini juga digunakan oleh hampir semua wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah.
  3. Bahasa Inggris. Biarpun jadi bahasa yang paling banyak digunakan secara umum, Bahasa Inggris menduduki posisi ketiga untuk daftar ini. Pasalnya, bahasa internasional ini ‘hanya’ mempunyai sekitar 379 juta penutur asli. Meski begitu, jumlah orang yang menggunakan bahasa ini sebagai bahasa kedua mencapai 753 juta. Menurut situs Babbel, ini menunjukkan keberhasilan luar biasa bagi bahasa tersebut. Sebab, ia berhasil menjadi bahasa internasional meski penutur aslinya tidak terlalu banyak.
  4. Bahasa Hindi. Memiliki banyak persamaan kosakata dengan Bahasa Urdu, bahasa ini memiliki sekitar 341 juta penutur asli. Bahasa ini banyak digunakan oleh orang India bagian utara dan sebagian orang Pakistan. Menurut situs Babble, Perdana Menteri India, Narendra Modi, sedang mengupayakan agar bahasa ini bisa menggantikan kedudukan Bahasa Inggris di India bagian selatan, yang saat ini digunakan sebagai bahasa resmi dan pendidikan.
  5. Bahasa Arab. Angka penutur asli Bahasa Arab mencapai 315 juta karena bahasa ini dipakai sehari-hari oleh negara-negara Timur Tengah yang semuanya berbahasa Arab. Padahal, tiap negara memiliki dialek yang berbeda-beda, seperti Mandarin saja. Namun demi kepraktisan, rumpun bahasa ini dihitung sebagai satu bahasa. Secara penulisan, Bahasa Arab di semua negara Timur Tengah itu sama, tapi ketika diucapkan ada perbedaan antara satu negara dengan negara lainnya.

Itulah dia kelima bahasa yang memiliki penutur asli terbanyak di dunia. Apakah ada satu atau lebih bahasa di atas yang kamu kuasai? (AP)