Home Mobil

Tips Aman Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Menggunakan Motor!

Mau melakukan jarak jauh dengan sepeda motor? Ketahui dulu beberapa tips berikut!

59
0
SHARE
perjalanan jarak jauh dengan motor
source : IDNTimes

Selain mobil, motor juga sering dijadikan sebagai transportasi untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Tak hanya menyingkat waktu, menggunakan sepeda motor dianggap bisa mengatasi macet di perjalanan karena itu sering digunakan untuk perjalanan jauh. Meskipun demikian, sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya jangan lupa untuk selalu mengganti oli dengan oli motor terbaik di Indonesia dan memerhatikan beberapa tips berikut, check it out:

  1. Motor dalam kondisi prima. Pastikan, sepeda motor Anda dalam kondisi prima. Dengan demikian, perjalanan Anda tentunya tak akan terganggu dan dijamin lancar sampai tempat tujuan. Tak hanya itu saja, risiko kecelakaan juga bisa diminimalisir dengan baik. Untuk itu, baiknya sebelum melakukan perjalanan, cek terlebih dahulu seluruh komponen mesin sepeda motor Anda dan jika memungkinkan servislah motor Anda ke bengkel terdekat.
  2. Cukupi waktu tidur. Cukupilah waktu tidur dan jangan sampai begadang di malam hari. Dengan mencukupi waktu tidur, tentunya dapat mengatasi rasa kantuk yang muncul dalam perjalanan dan Anda bisa lebih berkonsentrasi saat berkendara. Tak hanya itu saja, tidur yang cukup juga bisa mengurangi risiko munculnya microsleep, kondisi saat seseorang tertidur sejenak ketika berkendara. Ini tentu akan sangat rawan jika terjadi ketika Anda berkendara karena bisa mengakibatkan kecelakaan.
  3. Jangan berlebihan dalam membawa barang. Sebaiknya jangan sampai membawa terlalu banyak barang. Tujuannya, supaya sepeda motor lebih mudah dikendalikan dan tidak menimbulkan kecelakaan. Untuk bawaannya sendiri ada baiknya masukkan dalam satu tas saja sehingga lebih praktis dan mudah dibawa ke manapun.
  4. Istirahat jika sudah lelah. Jika Anda kelelahan ketika berkendara, maka berhenti dan beristirahatlah sejenak. Jangan sampai ‘ngotot’ melakukan perjalanan karena melakukan hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Selain istirahat, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan agar tubuh kembali fit dan perjalanan pun tidak akan terganggu nantinya.

Tak hanya beberapa hal yang sudah dituliskan di atas, jika menggunakan sepeda motor dalam melakukan perjalanan jarak jauh maka sebaiknya pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit, hindari mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan untuk tubuh, dan berdoalah sebelum melakukan perjalanan. Semoga bermanfaat! –SH–

LEAVE A REPLY