Home Motor

Telat Ganti Oli Motor? Ini Efeknya!

Suka telat ganti oli motor? Bisa Sebabkan beberapa hal ini!

123
1
SHARE

Merawat motor secara rutin, entah itu menservis motor secara berkala, mengganti oli yang sesuai dengan tipe motor seperti oli motor matik terbaik untuk motor matic, memang penting untuk dilakukan. Selain membuat performanya tetap bagus, rutin melakukan perawatan pada sepeda motor dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan.

efek telat ganti oli
source : otodriver

Untuk itu, rutinlah selalu merawat sepeda motormu supaya tidak mengalami kerusakan, khususnya mengganti oli motor. Pasalnya, jika kamu telat mengganti oli motormu, maka memberikan beberapa efek berikut:

  1. Mesin motor mengalami overheating

Melansir dari hipwee.com, telat mengganti oli motor dapat menyebabkan terjadinya overheating. Overheating sendiri merupakan kondisi di mana mesin motor menjadi sangat panas daripada biasanya. Kondisi ini terjadi akibat oli yang biasanya berfungsi sebagai pendingin mesin menjadi tidak berfungsi akibat belum dilakukan penggantian oli.

Untuk itu, jika tidak mau mengalami kondisi seperti itu, ada baiknya rutinlah untuk mengganti oli motor.

  1. Penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros

Jika tidak mengganti oli motor dengan yang baru dan kinerjanya juga berkurang, maka bisa menyebabkan gesekan antar komponen menjadi semakin kasar. Gesekan ini bisa membuat tarikan mesin menjadi lebih berat sehingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi meningkat.

Oleh karena itu, apabila kamu tidak mau bahan bakar di mobil habis dengan sangat cepat, maka rajinlah mengganti oli pada sepeda motormu.

  1. Mesin motor mati mendadak saat dikendarai

Tidak menutup kemungkinan, saat mengendarai motor di tengah jalan, tiba-tiba motormu malah mati mendadak. Tahukah kamu, motor yang mati secara mendadak disebabkan karena kadar oli pada sepeda motor mulai berkurang sehingga mengakibatkan terjadinya penguapan.

Akibat penguapan tersebut motor malah sulit untuk dinyalakan dan akan sering mati mendadak. Apalagi, jika kamu gunakan untuk perjalanan jauh. Untuk mencegahnya, jangan lupa ganti oli motormu, ya.

  1. Usia mesin motor menjadi lebih pendek

Parahnya lagi, jika sering telat mengganti oli motor malah dapat memperpendek usianya. Ini karena kadar oli yang sedikit di mesin motor bisa menimbulkan gesekan antar komponen dan memunculkan bunyi gesekan. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan komponen pada motor menjadi rusak dan usianya menjadi lebih pendek.

Oleh sebab itu, rajinlah mengganti oli motormu supaya mesin motor tetap tahan lama.

Itulah dia beberapa efek yang akan ditimbulkan jika kamu telat mengganti oli motor.  Jadi, jangan sampai lupa untuk melakukan penggantian oli motor tepat waktu supaya tidak menimbulkan masalah apapun, ya.

Eits, jangan lupa, rawat juga komponen mesin pada motormu, ya, khususnya tangki oli, supaya tidak mengalami kebocoran. Bisa repot kan nanti, kamu pun terpaksa harus mencari cara untuk mengatasi oli yang bocor sekaligus membawanya ke bengkel terdekat jika masalahnya sudah tidak dapat diatasi sendiri.

1 COMMENT

Comments are closed.