Home Apartemen

3 Kesalahan Umum saat Dekorasi Apartemen

Kesalahan yang seringkali dilakukan penghuni saat menata apartemennya. Jangan sampai dilakukan, ya!

64
0
SHARE

Sudah lunas membayar cicilan apartemen, saatnya lakukan dekorasi! Meski begitu, sebelum kamu memulai proses tersebut, simak dulu beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pemilik unit apartemen ketika akan merenovasinya. Jangan sampai, kamu melakukan hal yang salah dan berakhir merugi.

kesalahan menata apartemen
source : interiordesign

Yuk, disimak dulu apa saja kesalahan yang dimaksud supaya kamu mengefisienkan modal renovasi unit apartemen kamu.

  1. Tidak punya konsep atau tema. Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pemilik hunian adalah mengabaikan konsep atau tema dekorasi. Sebab, ketiadaan tema atau konsep akan membuat kamu tidak punya arah untuk mempersiapkan serta mengatur dekorasi ruangan. Pada akhirnya, kamu mungkin saja membeli furnitur atau perlengkapan yang tidak cocok satu sama lain atau malah membuat interior apartemen jadi terkesan penuh. Tips: tentukan tema utama, kemudian cari corak, warna, tekstur, dan furnitur apa saja yang cocok dengan tema tersebut.
  2. Menghalangi sumber cahaya. Kesalahan kedua adalah mereduksi sumber cahaya ke dalam unit apartemen. Selain membuat ruangan terkesan gelap, kekurangan sumber cahaya juga mungkin sekali membuat kamu boros listrik. Sebab, kamu membutuhkan bantuan lampu untuk menerangi ruangan. Untuk itu, hindari meletakkan furnitur berukuran besar seperti sofa, rak buku, atau lemari di tempat sumber cahaya. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan tirai tipis atau cermin dinding di seberang sumber cahaya untuk memaksimalkan jumlahnya.
  3. Tidak memperhatikan keselarasan. Keselarasan atau keseimbangan merupakan kesalahan ketiga yang sering diabaikan oleh pemilik hunian. Padahal, memperhitungan keseimbangan satu furnitur dengan lainnya atau furnitur dengan desain bangunan hunian itu penting. Pasalnya, pemilihan furnitur yang tepat akan menambah keindahan interior hunian kamu. Maka dari itu, kamu bisa menambahkan lampu gantung (chandelier) jika langit-langit apartemen kamu cukup tinggi. Sebaliknya, gunakan lampu dinding bila langit-langit apartemen kamu tidak terlalu tinggi.

Itu dia 3 kesalahan umum dilakukan pemilik hunian sewaktu mendekorasi interior tempat tinggalnya. Selain ketiga hal di atas, hindari juga menggantung barang—entah pajangan, foto, ataupun tirai—di ketinggian yang salah juga menggunakan karpet yang terlalu besar ataupun terlalu kecil untuk ukuran ruangan apartemen kamu. Semoga tips-tips di atas berguna, ya. Selamat mendekorasi!