Home Mobil

4 Bagian Mobil yang Harus Dirawat secara Rutin

Anda pemilik mobil? Jangan lupa rutin rawat komponen mobil ini, ya!

86
0
SHARE
merawat kendaraan
source : seva.id

Sebagai pemilik kendaraan, Anda tentu sering sekali mendengar petuah untuk menservis mobil secara rutin. Terang saja, sebab kelalaian menjaga kendaraan tersebut bukan hanya akan merugikan kendaraan Anda, melainkan juga diri Anda selaku pengemudi sekaligus pemilik kendaraan. Pasalnya, malas merawat mobil dapat memengaruhi nilai premi car insurance Anda. Untuk itu, yuk, simak lebih lanjut soal bagian-bagian mobil mana sajakah yang harus dirawat secara rutin.

  • Filter udara. Bagian pertama mobil yang harus dirawat secara rutin adalah filter udara. Sebab, ia memengaruhi kualitas udara dalam kabin mobil Anda. Tak cuma itu, filter udara yang tersumbat kotoran juga dapat membuat mesin mobil Anda mati. Kalau sudah begini, mobil Anda mungkin saja mogok di tengah jalan. Menurut pakar otomotif, waktu ideal untuk mengganti filter udara ialah satu tahun sekali.
  • Bantalan rem. Bagian kedua adalah bantalan rem. Banyak ahli otomotif meyakini jika rem blong adalah alasan terbesar dari kecelakaan akibat teknis kendaraan. Nah, salah satu cara mengindari rem blong adalah memeriksa bantalan rem secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah bantalan rem sudah aus atau belum. Segeralah bawa mobil Anda ke bengkel ketika Anda mendengar suara decitan dari rem Anda.
  • Oli mesin. Bagian ketiga adalah oli mesin. Kendati selalu masuk ke dalam daftar bagian mobil yang harus dirawat secara rutin, oli mesin masih menjadi komponen kendaraan yang paling sering diabaikan oleh pemilik kendaraan. Padahal, malas mengganti oli mesin dapat menumpuk kotoran dalam tangki oli dan merusak mesin mobil Anda. Untuk itu, janganlah membiasakan buat lupa mengganti cairan pelumas ini, ya. Soal kapan waktu tepat untuk menggantinya, Anda bisa merujuk pada buku panduan kendaraan Anda. Sebab, setiap merek dan tipe kendaraan punya aturan sendiri-sendiri.
  • Bagian terakhir yang mesti dirawat secara rutin adalah ban mobil. Sebagai bagian kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan, stabilitas dan kualitas ban tentu harus terus terjaga. Menurut riset Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS, ban yang kurang angin dapat meningkatkan kemungkinan kecelakaan hingga 3 kali lipat. Begitu juga dengan ban yang tidak disejajarkan juga ban botak; keduanya dapat membahayakan Anda saat berada di jalan. Maka dari itu, periksalah tekanan ban secara teratur—misalkan sebelum bepergian (terutama jarak jauh) atau sepekan sekali.

Itulah dia beberapa bagian mobil yang harus dirawat secara rutin. Jangan lupa terapkan, ya!