Home Kesehatan

3 Persiapan Sebelum Melakukan Medical check up

Mau melakukan medical check up? Jangan lupa siapkan dahulu hal ini!

144
0
SHARE

Melakukan medical check up amat penting untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi jika di dalam keluarga terdapat anggotanya yang memiliki riwayat penyakit yang berat. Tidak perlu menunggu sampai Anda merasakan sejumlah gejalan aneh, melakukan medical check up bisa Anda lakukan sedini mungkin. Meski Anda telah memiliki sejumlah asuransi seperti asuransi rawat jalan dan lain sebagainya, melakukan medical check up dapat membantu Anda mendeteksi penyakit lebih awal sebelum parah.

medical check up
source : zurich

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan Medical check up  atau biasa disingkat MCU, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya, seperti misalnya dengan berpuasa, istirahat yang cukup, sampai tidak melakukan aktivitas berat sehari sebelum melakukan pemeriksaan. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasannya sebagai berikut.

  • Mempersiapkan berkas administrasi.

Melakukan medical check up saat ini masih membutuhkan sejumlah berkas, terutama jika berhubungan dengan riwayat kesehatan keluarga maka Anda dapat membawa berkas rujukan keluhan yang dirasakan dari dokter klinik sampai pada daftar obat yang tengah dikonsumsi. Tidak hanya itu, berkas administrasi pun harus dapat ditangani, beberapa berkasnya diantaranya yakni fotokopi KTP ataupun kartu asuransi.

  • Istirahat yang cukup.

Tujuan dan manfaat dari istirahat yang cukup adalah dengan membuat sejumlah anggota tubuh mereasa lebih rileks serta dapat mengurangi stres yang mungkin saja Anda alami. Gunakan faktor pendukung jika Anda kesulitan tidur, seperti lampu kamar yang dibuat redup, mengganti sprei tempat tidur dengan yang lebih lembut sampai membuat jadwal kerja yang bisa Anda patuhi agar pekerjaan dalam selesai lebih tepat waktu.

  • Rajin mengkonsumsi air putih.

Paket medical check up biasanya termasuk tes darah dan tes urine. Dengan kata lain, jika Anda melakukan pemeriksaan yang melibatkan sampel tes darah dan tes urine, maka konsumsi air putih pada tubuh akan sangat terlihat dan mempengaruhi skor hasil setelah pemeriksaan selesai. Maka dari itu, lebih rajin mengkonsumsi air putih akan mempermudah proses pengambilan sampel dikemudian hari

Beberapa pemeriksaan seperti kadar gula darah membuat Anda wajib melakukan puasa selama kurang lebih 12 jam sebelum jadwal. Tujuan utamanya adalah agar dapat menghindari kadar gula dalam darah akibat mengkonsumsi makanan tertentu.

Itu dia beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan menjelang medical check up. Untuk meningkatkan kualitas hidup, Anda juga dapat membeli produk asuransi yang dapat memberikan prokteksi pada tubuh secara lebih maksimal. Melalui #FiturTAMI, Anda dapat menemukan sejumlah produk asurani yang peling sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan bagi Anda yang tertarik, Anda dapat menikmati sejumlah potongan harga, sampai dengan 50%.