Home Kesehatan

Pusing Pertanda Kolesterol Tinggi? Benarkah?

Benarkah pusing pertanda kolesterol tinggi?

92
0
SHARE

Pusing di kepala seringkali diasosiasikan dengan kolesterol yang tinggi. Memang, ketika kadar kolesterol tinggi, penderita kerap merasakan pening dan migrain (sakit kepala sebelah). Tak heran, jika kolesterol tinggi sering dijuluki sebagai silent killer karena jika kondisi sudah gawat maka bisa berujung pada serangan jantung. Tentunya, meskipun asuransi kesehatan rawat jalan cashless sudah dimiliki, melakukan tindakan pencegahan agar tak perlu menggunakannya di kemudian hari sangatlah diperlukan.

pusing
source : bodrex

Belum ada penelitian yang jelas mengenai mengapa rasa sakit kepala ini bisa menjadi pertanda bahwa kolesterol tengah tinggi, namun salah satu penyebabnya bisa jadi karena aliran darah ke otak yang terhambat akibat tumpukan kolesterol di pembuluh darah. Namun demikian, pusing tak melulu menjadi pertanda bahwa kolesterol Anda sedang tinggi. Sebab, ada beberapa hal yang juga bisa menyebabkan rasa pusing di kepala. Nah, jika sewaktu-waktu Anda merasakan pusing, jangan terburu-buru mengasosiasikannya dengan kolesterol yang tinggi, ya! Anda bisa melakukan beberapa hal ini sebagai tindak lanjut:

  1. Duduk atau berbaring di tempat yang nyaman. Saat rasa pusing melanda, hentikan seluruh kegiatan Anda dan beristirahatlah sebentar.
  2. Konsumsi obat. Jika pusing sudah mengganggu aktivitas dan juga tidak tertahankan, Anda boleh mengonsumsi obat generik atau obat untuk mengatasi pusing. Silakan konsumsi obat yang biasa Anda minum untuk meredakan nyerinya.
  3. Cermati keluhan lain yang dirasa. Ketika pusing, cermati juga apakah ada keluhan lain yang muncul, misalnya saja rasa mual, ingin muntah, atau merasakan ada nyeri di anggota tubuh lainnya. Jika ada, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut.
  4. Periksa ke dokter. Meskipun pusing bukanlah keluhan yang spesifik karena bisa terjadi karena beberapa hal, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter dan mencari tahu penyebab pusing yang dirasa. Silakan berkonsultasi untuk melihat apa saja risiko penyakit kardiovaskular yang dirasa, termasuk kadar kolesterol dan juga gula darah.
  5. Ubah gaya hidup. Jika setelah diperiksa ternyata pusing yang dirasa merupakan efek samping dari kolesterol tinggi, maka segera turunkan kadar kolesterol Anda dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan di atas, apakah pusing pertanda kolesterol tinggi? Jawabannya adalah belum tentu, ya. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab pusing, namun tindak lanjut yang harus dilakukan saat Anda merasa pusing adalah hal yang tak kalah penting. Semoga bermanfaat!