Home Liburan

Waspada, Penyakit Ini Bisa Muncul Saat Liburan di Luar Negeri!

Terlalu memforsir diri saat liburan di luar negeri, ternyata dapat memunculkan beberapa penyakit, loh. Ini daftar penyakit tersebut, check it out!

235
0
SHARE

Selama liburan ke salah satu negara, Anda pasti ingin menjelajahi semua tempat indah yang dimiliki oleh negara tersebut, bukan? Mengunjungi semua tempat khususnya destinasi wisata memang tidak dilarang, namun bagi Anda yang rentan terhadap serangan penyakit maka sebisa mungkin jangan terlalu memforsir diri untuk melakukan perjalanan wisata ke semua penjuru. Meski Anda sudah memiliki asuransi perjalanan ke luar negeri, akan tetapi jika sakit saat berlibur tentu asuransi ini tidak akan dapat memberi tanggungan. Untuk itu, selalu waspada, ya!

penyakit yang muncul saat liburan
source : thayyiba

Nah, bicara mengenai penyakit saat liburan, ternyata ada loh beberapa penyakit yang bisa muncul saat Anda berlibur ke luar negeri. Apa saja? Yuk, langsung disimak!

  1. Influenza. Karena memiliki cuaca yang sangat berbeda dari Indonesia, ketika libur ke luar negeri Anda tentu bisa diserang penyakit influenza. Influenza sendiri terjadi akibat dari adanya infeksi virus yang menyerang bagian pernapasan sehingga menyebabkan demam, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, hingga sakit otot. Biasanya, penyakit ini memang dianggap sakit sepele oleh sebagian orang, akan tetapi jika tidak ditangani dengan baik tentu saja dapat mengganggu liburan Anda.
  2. Tipes. Saat berlibur, jangan sampai kelelahan, ya! Kenapa? Yap, jika Anda terlalu lelah, takutnya nanti malah menderita sakit tipes. Tipes sendiri merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyerang tubuh dan muncul disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri ini umumnya terkontaminasi dengan feses dan menempel pada makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Jika daya tahan tubuh Anda melemah dan jajan di sembarangan tempat, tidak menutup kemungkinan Anda mengalami penyakit satu ini.
  3. Demam. Selama liburan, Anda juga bisa diserang demam tinggi. Lagi-lagi, kemunculan penyakit ini tentu disebabkan oleh cuaca yang terlalu ekstrim dan sangat berbeda dengan Indonesia. Untuk dapat mencegah kondisi ini, pastikan Anda membawa pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca serta jangan sampai lupa untuk selalu membawa obat-obatan yang memang biasa Anda minum saat demam menyerang. Atau jika demam tidak kunjung sembuh segera datangi dokter yang dekat dengan tempat penginapan Anda.
  4. Dehidrasi. Padatnya kegiatan saat liburan, terkadang memang membuat kita lebih gampang diserang dehidrasi. Dehidrasi sendiri terjadi karena tubuh kekurangan asupan cairan sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan tidak kuat untuk jalan. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mencukupi asupan cairan ini, ya!

Itulah sejumlah penyakit yang mungkin saja muncul saat Anda sedang liburan. Karena itu, persiapkanlah kondisi badan Anda sebelum pergi liburan. Dengan badan yang fit, Anda pun dapat melakukan berbagai hal agar liburan semakin menyenangkan! –SH–