Home Kesehatan

Kurangi Gejala Mual yang Muncul Karena Maag dengan Cara Ini!

Ini beberapa tips yang bisa diikuti agar mual yang muncul akibat maag bisa berkurang. Simak, yuk!

271
0
SHARE
tips mengurangi gejala sakit maag
source : bidanku.com

Maag merupakan salah satu penyakit yang muncul karena dari terjadinya peradangan di bagian lambung sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan nyeri perut. Jika sakit maag ini tidak segera diatasi, maka bisa memunculkan berbagai gangguan yang dapat membahayakan tubuh, salah satunya adalah rasa mual berkepanjangan. Sebenarnya, rasa mual yang muncul ini bisa diobati dengan sangat mudah, yakni meminum obat maag kronis atau melakukan beberapa hal berikut, di antaranya;

  1. Cukupi asupan cairan dengan perbanyak minum air putih. Selalu meminum air putih delapan gelas maupun lebih perhari memang sangat bagus untuk kesehatan. Selain dapat mencegah dehidrasi, dengan meminum banyak air putih ini dapat membantu menyembuhkan mual akibat sakit maag. Dipercaya, mengonsumsi air putih dapat membantu menetralisir kadar asam yang terdapat di bagian lambung sehingga dapat mengurangi gejala sakit maag yang muncul pada perut.
  2. Hindari makanan yang mengandung banyak minyak. Mengonsumsi makanan berminyak terutama gorengan memang dapat meningkatkan nafsu makan karena memiliki rasa yang sangat nikmat, namun tentu ini sangat tidak dianjurkan bagi penderita sakit maag. Lantaran, makanan yang mengandung banyak minyak ini dapat menghambat sistem pencernaan, sehingga efeknya dapat membuat perut kembung dan ujung-ujungnya memunculkan rasa mual. Apalagi jika Anda sedang mencari makanan yang mengandung nutrisi untuk menu sahur penderita maag, makanan yang mengandung banyak minyak sangatlah tidak disarankan.
  3. Jangan terburu-buru ketika makan. Pada saat makan besar entah itu siang maupun malam hari, pastikan Anda tidak makan secara terburu-buru. Menurut hasil lansiran, makan terlalu terburu-buru atau cepat hanya akan meningkatkan asam lambung di dalam tubuh. Efeknya, tentu bisa memunculkan sakit maag sekaligus mual berlebih. Untuk itu, agar kondisi ini tidak menyerang tubuh Anda, mulai dari sekarang cobalah untuk mengurangi kecepatan makan Anda atau lebih santai.
  4. Tidak berlebihan saat makan. Karena saking laparnya, pada saat makan kita pun langsung kalap dan mengambil segala jenis makanan. Melakukan ini sebenarnya memang tidak dilarang, akan tetapi bagi penderita sakit maag tentu kondisi ini sangat tidak dianjurkan. Sebab makan banyak dapat membuat perut kembung dan dampaknya bisa memunculkan rasa mual. Oleh sebab itu, Anda sangat dilarang makan terlalu banyak.

Itulah cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin mengurangi rasa mual yang muncul karena sakit maag. Semoga memberikan banyak manfaat, ya! –SH–