Home Liburan

Walking Tour: Mengenal Jakarta dari Sudut yang Berbeda

Yuk, mengintip kota Jakarta melalui sudut pandang yang berbeda dengan mengikuti walking tour.

194
0
SHARE
walking tour Jakarta
source : google

Dipenuhi dengan pusat perbelanjaan dan gaya hidup yang dinamis serta aktif, tentu banyak yang mengasosiasikan Jakarta sebagai kota yang glamor dan tidak pernah tidur. Begitu Anda tiba di kota ini dan check-in pada unit hotel di Jakarta pun, Anda akan langsung disambut dengan gedung-gedung pencakar langit yang intimidatif.

Namun demikian, Jakarta tak melulu tentang gedung, pusat perbelanjaan, dan gaya hidup kelas atasnya. Coba deh untuk mengintip Jakarta melalui sudut pandang yang berbeda dengan mengikuti walking tour. Ya, konsep walking tour alias tur dengan berjalan kaki memang menarik perhatian para turis dan sudah diterapkan di berbagai negara. Tur ini menjadi sarana yang ampuh bagi para turis untuk mengenal kota yang mereka kunjungi, mulai dari sejarahnya, budayanya, dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi walking tour di Jakarta yang bisa Anda coba:

  1. Jakarta Good Guide. Salah satu walking tour terkenal di Jakarta adalah Jakarta Good Guide. Konsep dari tur ini adalah pay as you wish; jadi tidak ada patokan berapa harga yang harus Anda bayarkan untuk mengikuti turnya. Opsi rute dari tur ini juga beragam mulai dari Jakarta City Center, yang meliputi Monas, Istana Presiden, Masjid Istiqlal; Chinatown yang meliputi Glodok, rumah-rumah China tua, kuil; Menteng, dan juga Pasar Baru. Anda bisa memilih opsi rute mana yang paling menarik untuk Anda. Jangan lupa untuk mengecek jadwal tur dan memilih tanggal yang tepat untuk petualangan Anda.
  2. Jakarta Hidden Tours. Jika Anda ingin merasakan walking tour yang berbeda dari biasanya, Anda mungkin bisa mencoba mengikuti Jakarta Hidden Tours. Sesuai dengan namanya, tur ini memang fokus untuk mengajak para wisatawan untuk melihat sisi tersembunyi dari Jakarta. Tempat-tempat yang akan Anda datangi bukanlah tempat wisata tipikal yang kerap menjadi tujuan para turis. Anda akan diajak mendatangi slum area di Jakarta, melihat langsung bagaimana kehidupan mereka, berinteraksi dengan warga pinggiran, hingga mencoba berbagai transportasi umum.
  3. Walkindies Travel. Berjalan kaki sambil belajar sejarah tentu lebih menyenangkan dibanding hanya membacanya di buku. Jika Anda ingin mengenal lebih dalam mengenai sejarah-sejarah tempat dan bangunan di Jakarta, Anda bisa mengikuti tur ini. Beberapa pilihan tur yang bisa dipilih di antaranya adalah Harmony in Weltevreden (Gambir), A Walk in Batavia (Kota Tua), dan City Outside The Wall (Chinatown). Tidak ada minimal peserta untuk mengikuti tur ini, jadi meskipun Anda sendirian, Anda tetap bisa mengikuti tur ini.

Jadi, walking tour seperti apa yang ingin Anda coba? Yuk ikuti dan lihat Jakarta dari sudut pandang yang berbeda!