Home Motor

Ketika Membeli Oli untuk Motor Matic, Cek Dulu Ini, Deh!

Mau membeli oli untuk motor matic Anda? Coba perhatikan dulu beberapa hal ini!

146
0
SHARE

Ganti oli motor matic secara berkala memang penting dilakukan. Lantaran, jika oli tersebut tidak diganti akan menimbulkan masalah pada sepeda motor Anda dan paling parahnya dapat mempercepat kerusakan. Kalau motor rusak, tentu tidak akan bisa digunakan lagi dan meski bisa diperbaiki tentu kenyamanannya tidak akan sama dengan saat masih dalam keadaan baik. Untuk itu, pastikan Anda mengganti oli motor secara rutin, ya.

tips membeli oli untuk motor matic
source : google

Nah, untuk Anda yang berniat mengganti oli motor, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu jika Anda ingin membeli oli tersebut, diantaranya adalah: (mengutip dari: liputan6)

  1. Pilih kekentalan yang tepat untuk sepeda motor. Melansir dari liputan6, oli untuk motor matic berbeda dengan motor manual maupun motor injeksi. Di mana, motor matic membutuhkan kekentalan yang tepat. Jika tidak, maka akan mengganggu proses pembakaran di bagian mesin motor. Jenis oli yang cocok untuk motor matic Anda adalah yang memiliki kekentalan sesuai standar API SL (American Petrolium Institute Standart L). Memilih oli jenis ini akan meningkatkan performa motor sekaligus lebih awet. Dengan demikian, Anda pun tidak akan takut lagi jika motor rusak atau mogok di tengah jalan, kan?
  2. Pilih oli yang memiliki kualitas bagus. Selain kekentalan, ketika memilih oli untuk sepeda motor matic, maka pilihlah yang memiliki kualitas paling bagus. Semakin bagus oli, tentu akan membuat performa sepeda motor Anda akan semakin meningkat dan tidak akan gampang rusak. Untuk jenis oli yang bisa dipilih adalah yang memiliki sertifikat JASO dan API. Apabila oli yang dibeli memiliki sertifikat API, berarti sudah diuji langsung oleh American Petroleum Institute dan sering digunakan di Eropa. Sedangkan untuk JASO diuji oleh Japanese Automotive Standard Association.
  3. Pilihlah yang sesuai dengan rutinitas. Alangkah baiknya pilihlah oli yang sesuai dengan rutinitas Anda. Misalkan seperti Anda selalu melewati jalanan yang lalu lintasnya termasuk kategori padat, tentu ini akan membuat Anda sering berhenti. Jika sudah begini, tentu membuat mesin motor akan lebih cepat panas, karena itu Anda disarankan menggunakan oli yang dilengkapi zat aditif. Zat ini dapat mengurangi panas yang terdapat pada mesin motor Anda.

Itulah cara mudah yang bisa dicoba ketika Anda ingin membeli oli untuk motor matic Anda. Ketiga hal di atas juga dapat merawat motor matik Anda agar tetap awet. Semoga memberikan banyak manfaat, ya! –SH–