Home Kecantikan

Turunkan Kadar Kolesterol di Tubuh dengan Buah Ini

Kadar kolesterol di tubuh bisa turun dengan sangat cepat, jika kamu rutin konsumsi buah segar yang sangat menyehatkan ini!

67
0
SHARE

Menghindari telur saat kolesterol tinggi dan mengonsumsi makanan penurun kolesterol adalah hal yang dilakukan banyak orang saat kadar kolesterol dalam darahnya cukup tinggi. Namun sebenarnya ada satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kolesteriol ini, yaitu rutin mengonsumsi buah segar yang kaya akan kandungan nutrisi. Menurut hasil rangkuman melalui tribunnews, buah segar lebih efektif menurunkan kolesterol di tubuh, karena menyimpan berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berupa; vitamin, kalium, serat, lemak baik, zat besi, dan sebagainya.

buah penurun kolesterol
source : kaskus

So, buah segar mana sajakah yang bisa menurunkan kadar kolesterol di tubuh ini? Langsung simak ulasannya di bawah ini, yuks!

  1. Pisang. Tampaknya, pisang memang menjadi salah satu buah yang sangat bagus untuk kesehatan karena mampu mengurangi kolesterol jahat di tubuh. Bukan tanpa alasan, ini disebabkan buah pisang sendiri mengandung serat yang cukup tinggi, maka dari itulah dapat membuat tubuh lebih cepat kenyang. Di samping itu, buah pisang pun mengandung senyawa kalium yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan membasmi kolesterol jahat yang menyerang tubuh.
  2. Pir. Pir merupakan satu diantara puluhan buah yang dianggap mampu menurunkan kolesterol, sebab mengandung senyawa pektin dan gel. Mungkin, bisa dibilang apel adalah buah yang paling banyak menyimpan zat pektin ini, namun pektin dalam buah pir ini lebih banyak dibandingkan dengan apel. Selain itu, pektin pada buah pir ini pun dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus membantu membersihkan usus yang diserang radikal bebas yang masuk bersamaan dengan makanan.
  3. Apel. Mengandung senyawa pektin yang cukup tinggi, maka buah apel pun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Tidak hanya itu, buah apel ini juga mengandung beta glucan dan serat laru, yang mana senyawa ini berperan penting untuk mengontrol produksi kolesterol di tubuh, menyehatkan jantung, serta memperlancar pencernaan.
  4. Semangka. Buah semangka pun bisa membantu menjaga kolesterol, sebab menyimpan kandungan likopen. Dimana, senyawa ini dapat mengontrol kolesterol yang terdapat di dalam darah. Semangka juga mengandung mineral yang sangat tinggi, sehingga dapat menghindari tubuh terserang dehidrasi akut.

Itulah daftar buah penurun kolesterol di tubuh. Semoga bermanfaat! –SH–