Home Mobil

Terjang Banjir dengan Cara Mudah Ini

Terpaksa menerjang banjir? Coba perhatikan dulu tips penting ini, cekidot!

63
0
SHARE

Melewati jalanan yang dipenuhi oleh genangan air akibat hujan yang mengguyur ibukota, memang membutuhkan teknik khusus dari para pengendaranya. Mengapa demikian? Sebab, apabila pengendara asal menerjang genangan air, tentu dapat menyebabkan komponen di dalam mesin mobil rusak parah karena tanpa sengaja kemasukan air. Meskipun sudah memanfaatkan kapasitas dari oli mesin yang harga oli mesin-nya masuk daftar termahal dibandingkan oli lain, akan tetapi tetap menerjang genangan air tentunya kerusakan pada mobil pun tidak akan bisa dihindari.

harga oli mesin
source : blogger

Untuk itu, begini cara mudah menerjang air yang menggenang namun tidak merusak komponen dalam mobil Anda. Simak langsung, yuks!

  1. Cek ketinggian air yang akan dilalui. Sebelum berniat untuk menerjang genangan air, pastikan Anda mengecek seberapa tinggi air yang akan dilalui. Apabila air tersebut sudah melampui ban mobil, maka ada baiknya Anda tidak menerabasnya. Mengapa? Takutnya, nanti genangan air itu bisa masuk ke dalam komponen mobil dan bisa menyebabkan mobil mogok. Yang paling parah, dapat mengakibatkan mobil mati total dan tidak bisa dinyalakan lagi.
  2. Pastikan untuk tidak mengikuti kendaraan di depan Anda. Saat berkendara, usahakan Anda untuk tidak mengikuti kendaraan yang berada tepat di depan Anda. Ini tidak boleh dilakukan, sebab gelombang air yang dihasilkan oleh kendaraan lain tanpa sengaja bisa masuk ke dalam lubang intake yang bisa menyebabkan water hammer rusak.
  3. Gunakan gigi persneling. Ketika genangan air sudah tidak bisa dielakkan, maka saat melewatinya gunakanlah komponen gigi persneling satu dan dua. Dan usahakan pula Anda mempertahankan putaran mesin mobil secara konstan, sebisa mungkin jangan pernah menginjak pedal gas. Lantaran, kondisi ini bisa membuat air masuk melalui knalpot belakang mobil.
  4. Tekan pedal gas berulang kali. Jika Anda berhasil melewati itu, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan menekan berulang kali pedal gas. Ini dilakukan untuk memastikan apakah komponen di bagian dalam mesin berjalan dengan semestinya.

Itu beberapa cara mudah menerjang banjir dikala hujan melanda. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat! –SH–