Home Kesehatan

Tubuh Mudah Lelah? Bisa Jadi Ini Pemicunya!

Sering merasa kelelahan? Mungkin ini penyebabnya!

240
0
SHARE
penyebab tubuh mudah lelah
source : klikdokter

Rasa lelah itu wajar. Terutama setelah Anda melakukan aktivitas yang berat. Akan tetapi, Anda harus tahu kapan rasa lelah itu harus dicurigai. Biasanya rasa lelah akan hilang setelah istirahat. Namun jika rasa lelah terus menerus dirasakan, bahkan setelah mengonsumsi vitamin untuk tenaga sekalipun, Anda harus waspada. Pasalnya, beberapa masalah tubuh di bawah ini bisa jadi pemicunya!

  • Diabetes tipe 2

Umumnya orang yang mudah lelah juga mengalami diabetes. Mengapa? Sebab, ketika gula darah meningkat, secara otomatis glukosa akan dibuang dari tubuh melalui urin. Dampaknya, sel-sel tubuh jadi kekurangan energi dan tubuh pun jadi mudah lelah.

  • Kurang vitamin B12

Vitamin B12 berperan penting dalam tubuh karena bertugas untuk mengangkut oksigen dalam darah. Maka tidak perlu ditanya lagi, tentu saja jika kekurangan vitamin B12, tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga. Untuk itu, coba konsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah vitamin B12 seperti susu, daging, ikan, atau telur.

  • Hipotirodisme

Penyakit ini merupakan penyakit autoimun atau gangguang pada sistem kekebalan tubuh, Penderita hipotiroidisme memiliki masalah pada kelenjar tiroid. Padahal, kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur berbagai fungsi tubuh yang penting: denyut jantung, sistem pernapasan, suhu tubuh, kadar lemak, sistem saraf, dan lain-lain. Dengan adanya gangguan pada kelenjar tiroid, maka kondisi tubuh otomatis akan terganggu.

  • Fibromyalgia

Pernah mendengar nama penyakit ini? Fibromyalgia adalah salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan umumnya dialami oleh wanita dewasa dan usia lanjut. Penyakit ini dapat menyebabkan kelelahan yang cukup parah dan nyeri pada tulang serta otot. Jika Anda merasa sering merasa sudah beristirahat selama berjam-jam tapi rasa lelah tak kunjung hilang, sebaiknya segera ke dokter untuk memastikan apakah Anda mengalami fibromyalgia atau tidak.

  • Alergi makanan

Selain itu, rasa lelah yang berlebihan juga dapat disebabkan oleh alergi atau intoleransi makanan. Jika Anda memiliki alergi terhadap suatu makanan, maka biasanya Anda akan mudah merasa lelah juga setelah mengonsumsinya.

Itulah beberapa kondisi yang dapat memicu rasa lelah berlebihan pada tubuh. Semoga rasa lelah yang Anda rasakan dapat cepat hilang dan bukan merupakan pertanda dari penyakit-penyakit di atas. (Rima)