Home Mobil

Truk Tronton dan Truk Wingbox, Berbedakah?

Meski sama-sama digunakan untuk mengangkut barang berat, ternyata Truk Tronton dan Truk Wingbox itu tidak sama, loh. Yuk, cari tahu perbedaannya di artikel ini,

1175
1
SHARE

Sebagian dari Anda mungkin sempat bertanya-tanya, apakah Truk Tronton dan Truk Wingbox memiliki perbedaan? Mengingat kedua truk ini biasanya digunakan untuk mengangkut berbagai jenis barang berat hingga puluhan ton, sama halnya dengan truk Mitsubishi fuso terbaru. Namun, tahukah Anda, sebenarnya kedua truk ini tidak mirip, loh. Berikut merupakan perbedaan di antara keduanya. Yuk, cek!

  • Truk Tronton
truk barang
source : karoseri HMM

Truk Tronton merupakan sejenis truk pengangkut barang yang memiliki tiga jumlah sumbu dengan sepuluh roda. Peletakan roda pada truk ini adalah dua di bagian depan, dan empat di bagian kanan dan kiri (formasinya adalah 2-4-4). Kapasitas barang yang bisa diangkut oleh truk besar satu ini maksimal sekitar 10 ton. Biasanya, truk ini acapkali digunakan oleh para pelaku bisnis ekspedisi. Kenapa, ya? Yap, hal ini disebabkan harga truk bisa dibilang sangat murah, akan tetapi bisa mengangkut barang dalam jumlah banyak. Untuk itu, tidak mengherankan jika banyak pebisnis yang menyukai truk ini.

  • Truk Wingbox
truk barang
source : truckmagz

Sama halnya dengan Truk Tronton, Truk Wingbox pun kerap dipakai untuk mengangkut barang berat. Namun, perbedaannya bagian samping kanan maupun kiri truk ini bisa dibuka layaknya membuka bagian belakang truk. Dengan begini, tentu akan semakin mempercepat waktu memasukkan maupun mengeluarkan barang dari truk. Bahkan, menggunakan truk wingbox ini bisa menjadi salah satu dari 5 tips praktis pindahan. Sebab, dengan menggunakan truk ini, memasukkan dan mengeluarkan barang akan lebih mudah. Namun demikian, truk wingbox ini mempunyai dua hingga tiga sumbu dengan kapasitas muatan bisa mencapai puluhan ton, tergantung tipe karoseri yang digunakan pada truk.

Setelah mengetahui pengertian dari kedua truk ini, maka Anda harus mengetahui persamaan maupun perbedaan yang dimiliki;

Persamaan

  • Sama-sama digunakan untuk mengangkut barang berat.
  • Bisa membawa barang hingga puluhan ton.
  • Memiliki ukuran yang hampir mirip.

Perbedaan

  • Truk Tronton hanya bisa dibuka di bagian belakang, akan tetapi Truk Wingbox bisa dibuka di semua bagian, yakni samping dan belakang.
  • Truk Wingbox memiliki formasi roda 1-4-6 dan 2-4-4, sedangkan Truk Tronton mempunyai formasi 2-4-4.

Itulah penjelasan mengenai Truk Tronton dan Truk Wingbox. Semoga memberikan banyak manfaat untuk Anda, ya! –SH–

1 COMMENT

Comments are closed.