Home Tips & Trick

Trik Merawat Breast Pump Agar Tetap Awet

Begini merawat breast pump agar tetap awet dan terjaga kebersihannya!

69
0
SHARE

Ketika periode menyusui, susu ibu menyusui serta breast pump bisa jadi merupakan sahabat terbaik bagi para Ibu yang merawat si kecil sembari bekerja. Susu ibu menyusui dimaksudkan untuk menjaga agar produksi ASI tetap berlimpah sementara breast pump berfungsi untuk membantu memompa ASI dan menyimpannya untuk digunakan sewaktu-waktu. Nah, mengingat pentingnya breast pump ini, Ibu pun harus tahu bagaimana cara merawatnya agar tetap awet.

susu ibu menyusui
groupon.com

FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) pun membeberkan bagaimana caranya untuk membersihkan breast pump dalam penggunaan sehari-hari.

  1. Sebelum mulai membersihkan, biasakan untuk membaca intruksi manual yang terlampir pada dus breast pump. Manual ini berisi bagian mana saja yang harus dibersihkan secara berkala, cara membersihkannya, sekaligus cara perawatan. Bahkan, manual ini seringnya juga dilengkapi dengan cara membuka bagian tertentu yang tidak bisa dilakukan begitu saja.
  2. Setelah membaca intruksi dan mengetahui bagian mana yang harus dibersihkan, mulailah untuk cuci. Pertama-tama, basuh dulu bagian yang berhubungan langsung dengan air susu dengan menggunakan air dingin. Sebisa mungkin lakukan ini segera setelah dipakai.
  3. Cucilah setiap bagian secara terpisah. Gunakan sabun cuci piring untuk membersihkannya dan jangan lupa untuk membasuhnya dengan air panas kira-kira 10-15 menit. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan bekas sabun agar tidak ada yang tersisa.
  4. Setelah dibersihkan, taruh bagian yang sudah dibersihkan di atas lap kering sambil diangin-anginkan agar tetap kering. Biarkan mengering dengan sendirinya dan hindari mengeringkan bagian breast pump dengan lap karena dikhawatirkan bakteri bisa melekat dan membahayakan si kecil.
  5. Ketika pompa sudah kering, pasang kembali menjadi satu kesatuan yang utuh sebelum disimpan atau digunakan kembali.
  6. Jangan menyentuh bagian dalam atau bagian apa pun yang berhubungan langsung dengan ASI agar tidak mengkontaminasi susu.

Dengan melakukan beberapa hal di atas, diharapkan pompa ASI Ibu bisa tahan lama dan tetap awet. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di rumah ya, Bu. (TR)