Home Tips & Trick

Trik agar Anak Mau Makan Sayur dan Menu Sehat Lainnya

Supaya anak mau makan sayur, berikut triknya!

51
0
SHARE
anak makan sayur
source : lifestyle

Problematika anak yang tidak mau makan sayur atau hidangan sehat lainnya adalah kendala hidup hampir semua ibu di rumah. Mayoritas alasannya pun serupa, yakni karena sayuran atau hidangan bergizi lainnya cenderung punya rasa pahit atau hambar. Jadinya, anak kurang suka mengonsumsi panganan seperti ini. Nah, selain memberikan vitamin penambah nafsu makan anak, Ibu juga bisa menerapkan beberapa kiat berikut agar anak mau mencoba makan sayur dan menu sehat lainnya:

  • Buat jadwal makan dan camil. Menurut ahli gizi, anak-anak harus diasupi makanan setiap 3-4 jam dalam sehari, dengan kombinasi makan berat 3 kali, camilan 2 kali sehari, dan suplai cairan yang banyak. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi, trik ini juga bisa membuat anak tidak rewel untuk urusan makan.
  • Kenalkan sayuran secara bertahap. Trik kedua yang bisa Ibu lakukan adalah mengenalkan sayur-mayur satu per satu, tidak sekaligus. Hal ini disebabkan oleh sifat alami anak-anak yang cenderung takut pada jenis, bentuk, ataupun model makanan yang baru dikenalkan padanya. Oleh sebab itu, Ibu bisa menyisipkan sayur atau menu sehat sedikit demi sedikit bersama hidangan lain yang familiar di pengecapan anak.
  • Ajak anak mengolah makanannya. Ada banyak cara untuk memperkenalkan anak pada sayuran atau makanan sehat. Ibu bisa mengajaknya untuk mempersiapkan bahan-bahan memasak, mengolah makanan, atau sekadar melihat bagaimana makanannya dibuat. Dengan begitu, anak akan tahu bahwa sayur dan makanan sehat yang Ibu berikan padanya tidak “jahat” atau buruk.
  • Tidak mempermasalahkan kebiasaan makan anak. Mungkin Ibu sedikit jenuh ketika sayuran atau makanan sehat lain yang sudah Ibu kreasikan tidak disentuh oleh anak. Namun, usahakan untuk tidak mengomentarinya, ya. Ingatlah bahwa normalnya anak-anak memang membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa familiar dengan makanan baru. Maka, hindari mengomentari atau memaksa anak untuk memakan sayurnya, ya, Bu.
  • Beri contoh. Satu sifat alami anak-anak adalah mencontoh orang tua, orang dewasa, atau siapa pun sosok lain yang ada di sekitarnya. Apabila Ibu ingin anak gemar makan sayur, tentu Ibu dan Ayah harus memberikan contoh nyatanya. Jangan sampai, Ibu meminta anak untuk memakan sayur, tapi anak tidak atau jarang melihat Ibu memakan sayur juga.

Nah, itulah dia beberapa trik agar anak mau makan sayur dan menu sehat lainnya. Semoga bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY