Home Mobil

Pakai Spare Part Palsu, Hemat atau Boros?

Hindari membeli spare part palsu untuk kendaraan,yuk!

83
0
SHARE

Memastikan Mitsubishi Fighter milik Anda memiliki performa maksimal merupakan hal yang wajib. Sebab hal tersebut tidak hanya berkaitan dengan kenyamanan berkendara saja, tetapi juga keselamatan dalam berkendara. Apalagi karena sudah menggunakan teknologi diesel terbaru, perawatan Truk Common Rail tersebut harus sangat diperhatikan. Salah satunya yaitu terkait pemilihan spare part atau komponen kendaraan yang digunakan.

spare part palsu
source : heavy duty kita

Hingga saat ini, masih banyak pemilik kendaraan yang cenderung memilih spare part palsu dengan alasan murah. Apalagi banyak bengkel yang berusaha meyakinkan pemilik kendaraan mengenai kualitasnya dengan mengatakan bahwa spare part tersebut adalah KW1 yang artinya meskipun palsu tetapi memiliki kualitas layaknya spare part asli. Padahal, walaupun terlihat sangat mirip tetap produk palsu tetap saja berbeda dengan yang asli. Dan dampak dari penggunaannya tidaklah main-main.

Berikut ini adalah beberapa dampak penggunaan spare part palsu yang harus diwaspadai:

  • Kerusakan komponen lain

Setiap komponen mesin kendaraan akan bekerja saling berkaitan satu sama lainnya. Ketika ada salah satu komponen yang menggunakan spare part palsu, maka ketika saling bergesekkan dengan komponen lain akan menimbulkan kerusakan pada komponen tersebut. Penyebabnya adalah adanya perbedaan pada bentuk komponen maupun pemotongan yang kurang presisi atau kurang rapi. Jika dilihat sepintas hal tersebut mungkin tidak terlihat, tetapi saat mesin bekerja, perbedaan hanya 1 mm saja tetap bisa memengaruhi komponen sekitarnya.

  • Mengganggu sistem kerja

Selain merusak komponen sekitarnya, penggunaan spare part palsu juga bisa menyebabkan sebuah sistem tidak bekerja sempurna. Misalnya saja spare part palsu yang Anda gunakan berkaitan dengan sistem pengereman, maka pada saat proses pengereman terjadi mungkin saja komponnen tersebut tidak berfungsi sempurna dan mengalami selip. Akibatnya kendaraan tidak dapat berhenti sesuai dengan yang diharapkan dan risiko kecelakaan akan terjadi.

Memang dalam jangka pendek penggunaan spare part palsu dapat mengurangi biaya perbaikan kendaraan Anda. Sebab harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan spare part original. Namun dalam jangka panjangnya, biaya yang harus Anda keluarkan bisa jadi lebih besar daripada penghematan Anda menggunakan spare part palsu. Apalagi untuk truk yang sudah menggunakan teknologi Common Rail, teknologi ini sudah menggunakan sistem terkomputerisasi untuk semua kerjanya. Jika sampai mengalami masalah karena Anda menggunakan spare part palsu, maka bersiaplah mengeluarkan dana tidak sedikit untuk biaya perbaikannya.