Home Handphone

Tips Mengatur Penggunaan Gadget Berdasarkan Usia Anak

Tips mengatur penggunaan gadget pada anak berdasarkan pada usianya. Simak, yuk!

177
0
SHARE
mengatur penggunaan gadget pada anak
source : kumparan

Selain pergi ke wisata bermain keluarga, sekarang banyak anak-anak yang sering menghabiskan waktu bermainnya dengan memainkan gadget. Tenang, Anda tak perlu khawatir jika anak suka bermain gadget. Pasalnya, gadget bukan menjadi hal yang harus ditakuti atau dihindari. Meskipun Anda mungkin sering mendengar dan membaca tentang dampak negatif bermain gadget untuk anak, tetapi gadget juga bisa memberikan manfaat yang dapat membantu tumbuh kembang anak jika digunakan secara tepat. Nah, bagaimana cara mengatur anak menggunakan gadget dengan benar? Inilah tips yang bisa Anda terapkan sesuai dengan usia anak! (source: orami)

  • Bayi atau batita

Sebenarnya, anak yang berusia di bawah dua tahun tidak disarankan untuk menggunakan gadget apa pun. Hal ini dikarenakan batita masih perlu mengasah keterampilan dan interaksi sosialnya. Selain itu, kemampuan motorik halus anak belum berkembang dengan baik di usia tersebut. Anak masih belum bisa mengenggam gadget dengan sempuran dan rentan menjatuhkannya.

Namun di lain sisi, anak di usia ini sangat tertarik dengan suara dan sinar. Permainan dengan tombol besar yang dapat menyala atau mengeluarkan bunyi jika ditekan dapat mengasah kemampuan motorik halusnya.

Jadi, jika Anda ingin tetap memperkenalkan gadget pada anak di usia ini, sebaiknya pilih gadget yang bisa digunakan secara interaktif.

  • Prasekolah

Usia prasekolah atau sekitar 3 sampai 6 tahun sudah pandai memainkan gestur jari dan merespon layar sentuh. Jadi, pada usia ini, anak boleh diperkenalkan dengan gadget. Sebaiknya pilih perangkat yang edukatif yang disertai dengan permainan berhitung sederhana, mengenal warna, menambah kosakata, atau permainan pola.

  • SD

Di usia SD (6 tahun), anak mungkin sudah lihai menggunakan gadget. Namun, sebelum membiarkannya menggunakan komputer, tablet, atau gadget lainnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat kesepakatan tentang apa yang boleh anak lakukan dan apa yang tidak.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan berbagai riset mengenai aplikasi yang digunakan oleh anak dan konten-konten yang dapat diakses oleh anak. Anda juga perlu mengedukasi mereka etika menggunakan internet: bagaimana menjaga privasi dan keamanan.

  • Remaja

Di usia remaja, anak Anda sudah mampu mengelola akun sosial media di smartphone-nya sendiri. Biasanya, anak remaja memang tidak suka diatur dan terlalu diawasi saat bermain gadget. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengunduh filter internet dan memblokir konten yang tidak sesuai dengan usianya. Selain itu, Anda bisa memonitor penggunaan internet mereka dengan mem-follow sosial medianya.

Kurang lebih itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur penggunaan gadget dan mencegah dampak negatif dari penggunaan gadget bagi anak. Semoga bermanfaat! (Rima)