Home Kesehatan

Agar Nutrisi Maksimal, Hindari Cara Mengonsumsi Buah yang Salah!

Jangan lakukan beberapa kesalahan berikut ketika mengonsumsi supaya tidak kehilangan nutrisinya!

53
0
SHARE
kesalahan mengonsumsi buah
source : merries

Buah merupakan salah satu penyempurna menu makan harian. Sebab buah mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh serta membantu menunjang aktivitas harian kita. Rajin mengonsumsi buah juga membantu menghindarkan kita dari penyakit, sehingga tak perlu deh memanfaatkan asuransi kesehatan yang dimiliki. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang tidak peduli atau belum tahu mengenai cara mengonsumsi buah yang benar. Ada banyak sekali kesalahan yang tanpa sadar kita lakukan saat mengonsumsi buah sehingga mengurangi nilai nutrisi yang didapat.

Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mengolahnya dengan cara dijus dibanding memakan langsung. Tak bisa disangkal, sebagian besar dari kita lebih sering mengolah buah dengan cara dijus dibanding dimakan langsung. Hal ini tak mengherankan sebab jus memang lebih nikmat dikonsumsi dan tak membosankan. Hanya saja, ketika dijus, vitamin yang larut air akan terdegradasi akibat air dan oksigen. Alhasil nutrisinya menjadi lebih berkurang. Tentunya, tak apa jika Anda sesekali ingin mengonsumsi buah dengan cara dijus, namun jangan terlalu sering dan imbangi dengan konsumsi buah langsung, ya.
  2. Meminum airnya saja saat dijus. Kesalahan lain yang masih berkaitan dengan poin satu adalah menyaring jus dengan mengambil airnya saja dan membuang ampasnya. Padahal, ini salah karena membuang bagian ampas membuat Anda kehilangan nutrisi serat yang ada di dalamnya. Untuk itu, saat meminum jus, tak perlu disaring dan minum bersamaan dengan seratnya, ya!
  3. Konsumsi buah berlebih. Segala hal yang berlebihan tentunya tidak baik, termasuk makan buah. Mengapa? Secara umum, buah yang manis memiliki indeks glikemik tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dalam tubuh. Sebagai gambaran, untuk orang dewasa, jumlah konsumsi buah yang disarankan adalah 2 cangkir takar setiap harinya.
  4. Membuang bagian kulit. Sering mengupas buah dan membuang kulitnya? Perlu diketahui, beberapa jenis buah memiliki kulit yang kaya antioksidan dan vitamin, seperti apel, misalnya. Kulit buah apel kaya akan vitamin A, C, dan serat, sehingga mengupas kulitnya membuatmu kehilangan nutrisi-nutrisi tersebut. Mulai sekarang, sebelum mengupas buah, cari tahu kandungan yang tersimpan di kulitnya, ya!

Nah, itu dia beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari saat mengonsumsi buah. Sangat disayangkan sekali bukan jika kita rajin mengonsumsi buah, namun nutrisi yang didapat tidak maksimal. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY