Home Mobil

Tingkatkan Tenaga Mesin Mobil dengan Cara Ini!

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan, apabila hendak meningkatkan tenaga mesin pada mobil kesayanganmu. Selamat mencoba!

418
0
SHARE

Kebanyakan mobil yang dijual di pasaran sekarang ini, memang telah dilengkapi dengan tenaga mesin standar. Oleh sebab itu, tidak sedikit dari pengendara yang mengaku ingin meningkatkan performa tenaga mesinnya, agar mobil yang dikendarai bisa melaju dengan kencang dan lebih mulus. Ditingkatkannya tenaga mesin pada mobil ini, tentu saja memberikan performa yang sangat bagus kepada mobil. Akan tetapi, jika salah dalam memilih bagian mesin mobil mana sajakah yang perlu ditingkatkan, maka tidak menutup kemungkinan mobil malah mengalami kerusakan. Meskipun sudah memiliki sebuah asuransi mobil sekalipun, tapi terkadang pihak asuransi tidak akan mau memperbaiki hal yang seperti ini.

tenaga mesin mobil
tenaga mesin mobil

Maka dari itu, saat kalian hendak meningkatkan tenaga pada mesin mobil, lakukanlah beberapa cara yang kami suguhkan di artikel ini. Langsung saja disimak, yuks!

  1. Mengganti sistem pembuangan. Selain mengganti chip komputer, kalian juga bisa mengganti sistem pembuangan pada mobil. Digantinya sistem pembuangan atau lebih dikenal dengan nama knalpot ini, akan mengurangi tekanan balik (hambatan udara) pada mobil, sehingga pembuangan dari dalam mobil akan menjadi semakin lancar.
  2. Menambahkan Turbocharger. Supaya tenaga mesin mobil semakin meningkat, maka kalian bisa menambahkan Turbocharger. Ketika menambahkan alat yang satu ini, jangan lupa untuk mengganti silinder yang berukuran lebih besar dari sebelumnya. Biasanya, Turbocharger akan menyeimbangkan udara yang masuk ke silinder, yang membuat proses pembakaran semakin meningkat. Bisa diartikan, semakin banyak oksigen atau udara yang masuk ke dalam mobil, tenaga mesin pun ikut semakin meningkat.
  3. Mengganti chip komputer mobil. Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan tenaga mesin mobil yaitu mengganti chip ROM komputer yang terdapat pada mobil. Namun, penggantian chip ini akan efektif pekerjaannya apabila dilengkapi dengan penggantian modifikasi pada lubang udara maupun sistem pembuangan. Untuk itu, saat mengganti chip komputer ini sertai pula dengan mengganti sistem pembuangan dan lubang udara.
  4. Menggunakan saringan udara yang lebih besar. Saringan udara pada mobil sendiri berfungsi untuk menyaring partikel padat yang akan masuk ke dalam mobil seperti serbuk sari, debu, udara kotor, dan lainnya. Apabila ukuran saringan udara yang digunakan lebih besar dari yang sudah pernah dipakai, akan memungkinkan udara lebih banyak masuk ke dalam mesin. Semakin banyak udara yang masuk, akan meningkatkan tenaga pada mesin mobil.
  5. Mengurangi beban mobil. Nah, supaya tenaga mesin mobil kalian semakin meningkat, alangkah baiknya kurangi beban yang ada pada mobil. Beban yang terlalu berat, hanya akan memperlambat laju mobil. Namun, ketika mengurangi beban ini, sebaiknya gunakan komponen yang lebih ringan, atau bisa pula dengan mengurangi barang yang ada di bagasi maupun kursi belakang mobil.

Bagi yang ingin mencoba untuk mengaplikasikan beberapa poin di atas, sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli ya. Sebab, jika melakukannya dengan cara yang salah justru bisa menjadi penyebab mobil mengeluarkan suara atau bahkan masalah lain pada mesin mobil. Jadi, selamat berkreasi. –SH–