Home Kesehatan

Ternyata, Menyusui Banyak Manfaatnya Loh, Bu!

Ini dia beberapa manfaat yang didapat saat menyusui sang buah hati. Yuk, disimak!

216
0
SHARE

Menyusui merupakan salah satu periode pemberian air susu kepada sang buah hati setelah melahirkan. Dengan rutin memberikan ASI ini, maka dapat memenuhi asupan nutrisi yang cukup untuk bayi, dapat membantu pertumbuhan buah hati, sekaligus dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya. Mengingat sangat banyaknya manfaat dari menyusui ini, tentu tidak heran bila banyak ibu menyusui mengonsumsi minuman pelancar ASI agar air susunya selalu lancar dan tidak kosong ketika akan diberikan pada buah hati.

manfaat menyusui
source : sainskompas

Nah, bicara mengenai manfaat menyusui, ternyata periode menyusui ini tidak hanya bermanfaat untuk bayi saja akan tetapi ibu menyusui juga mendapatkan manfaatnya, berikut beberapa di antaranya;

  1. Bantu bakar kalori. Melansir dari momma.id, periode menyusui ternyata dapat membantu membakar kalori dengan sangat baik. Untuk itu, bagi Ibu yang berniat untuk mengurangi berat badan karena melar setelah melahirkan, maka rajinlah untuk memberikan air susu kepada sang buah hati. Belum cukup sampai disitu, menyusui juga dapat mengembalikan ukuran rahim ke bentuk semula.
  2. Depresi paska melahirkan berkurang. Setelah melihat buah hati lahir ke dunia, Ibu memang dilanda oleh perasaan yang campur aduk antara senang, gembira, terharu, bahagia, dan tidak jarang pula ada yang mengalami depresi. Memang, kemunculan depresi ini kerap ditemui pada Ibu baru yang baru pertama kali menjalani hari paska melahirkan. Namun, kondisi ini sebenarnya bisa diatasi dengan sangat mudah, caranya tentu dengan menyusui buah hati. Selama menyusui, Ibu akan melepaskan hormon oksitosin sehingga dapat mengurangi depresi tersebut.
  3. Kurangi risiko timbulnya penyakit berbahaya. Siapa yang bisa menduga, dengan menyusui dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit yang bisa membahayakan tubuh, Mulai dari; kanker payudara, sakit jantung, diabetes, osteoporosis, darah tinggi, dan masih banyak yang lainnya.
  4. Menjalin ikatan yang kuat dengan buah hati. Manfaat paling besar dari menyusui ini adalah Ibu dapat menjalin ikatan yang kuat dengan sang buah hati. Ibu dan buah hati akan semakin dekat, sehingga dapat memunculkan perasaan yang bahagia untuk hati. Jika sudah begini, tentu Ibu pun akan semakin sehat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Ibu dapatkan jika rutin menyusui sang buah hati. Pastikan Ibu rajin rawat payudara selama menyusui agar payudara tetap sehat dan dapat menyusui buah hati dengan baik. Semoga bermanfaat, ya! –SH–