Home Otomotif

Ternyata Hal Ini Paling Sering Menyebabkan Kecelakan Lalu Lintas

Ini dia beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Simak, yuk!

152
0
SHARE
penyebab kecelakaan lalu lintas
source : alodokter

Setiap pengendara di jalan pasti memiliki potensi kecelakaan. Untuk itu, penting sekali mematuhi rambu lalu lintas dan menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara. Apalagi jika memiliki asuransi kecelakaan diri, tentunya akan lebih baik karena terkadang kita tidak bisa menghindari kecelakaan meski telah berhati-hati sekalipun. Di Indonesia sendiri, ada beberapa faktor yang sering menjadi penyebab kecelakaan. Berikut ini di antaranya. (source: gridoto)

  • Pengendara mengantuk

Tak sedikit orang-orang yang tetap merasa mampu menyetir meski ngantuk. Padahal, kantuk merupakan salah satu penyebab pengendara kecelakaan. Rasa kantuk yang tak tertahankan akan membuat Anda secara tidak sadar memejamkan mata. Walau hanya sedetik saja, tapi tetap bisa berakibat fatal. Ditambah lagi, saat mengantuk, konsentrasi menyetir pasti menurun. Namun masih banyak orang yang memaksakan untuk menyetir dan menyepelekan rasa kantuk.

  • Kendaraan bermasalah

Selain faktor manusia, kendaraan juga sangat memengaruhi keselamatan. Terkadang meski pengendara sudah ekstra hati-hati, justru kondisi kendaraanlah yang membuat celaka. Mulai dari masalah sistem pengereman, kondisi ban, hingga mesin mobil yang terlalu panas, semua masalah pada kendaraan tidak bisa disepelekan. Maka dari itu, periksalah kendaraan dengan teliti sebelum berkendara dan service kendaraan secara rutin.

  • Cuaca buruk

Bahkan bukan hanya faktor manusia dan kendaraan, faktor cuaca juga menjadi penyebab utama kecelakaan di Indonesia. Seperti saat hujan, jalanan menjadi licin dan dapat membuat kendaraan tergelincir. Force majeure seperti banjir, gempa bumi, dan lainnya juga bisa menjadi penyebab utama timbulnya kecelakaan.

  • Jalanan yang kurang sesuai standar

Tentunya bukan rahasia lagi kalau jalanan yang kurang sesuai dengan standar bisa berbahaya bagi pengendara. Misalnya jalan berlubang, penuh bebatuan dan tidak ada pencahayaan. Biasanya pengendara secara otomatis akan menghindari jalan berlubang. Nah, saat menghindari jalan berlubang tersebut bisa saja pengendara lalai dan akhirnya menabrak kendaraan yang lain. Maka dari itu, pastikan Anda lebih hati-hati lagi saat melintasi jalanan yang kondisinya tidak bagus. Penanggung jawab setempat juga harus segera membetulkan jalanan yang tidak sesuai dengan standar.

Faktor-faktor di atas memang seringkali menjadi penyebab kecelakaan. Namun, bukan berarti Anda harus panik ketika sedang mengalami kondisi-kondisi yang berisiko seperti yang telah disebutkan di atas. Cari tahu cara mengatasinya dan tetaplah tenang. Semoga bermanfaat! (Rima)