Home Properti

Supaya Kamar Mandi Tidak Lembap, Lakukan Cara Ini!

Kondisi kamar mandi yang lembap bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara loh! Apa sajakah itu? Yuks, langsung saja disimak di artikel ini, ya!

293
0
SHARE

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang digunakan untuk membersihkan tubuh, dan memiliki resiko tinggi terkena air pada saat mandi, sehingga sangat mudah sekali mengalami yang namanya kelembapan. Biasanya, tingginya kelembapan yang mengitari ruangan kamar mandi ini, bisa menimbulkan bau yang tidak sedap dan bahkan terkadang mampu mengeluarkan begitu banyak jamur di dinding rumah yang baru saja dibeli dari developer property Indonesia. Timbulnya kelembapan yang ada di kamar mandi ini, disebabkan oleh ruangan kamar mandi yang berada di bagian dalam rumah dan tidak memiliki ventilasi untuk keluar masuk udara.

kamar mandi
kamar mandi

Namun, kondisi kamar mandi yang lembap ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara loh. Apa sajakah itu? Mari, langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini:

  1. Memakai keramik kamar mandi yang mudah kering. Agar kamar mandi di rumah Anda tidak mengalami kelembapan, sebaiknya pakailah keramik khusus untuk kamar mandi yang mudah kering. Dengan adanya pemakaian keramik kering ini, tentu kamar mandi Anda pun akan terhindar dari kelembapan, bau tidak sedap, dan memunculkan jamur.
  2. Mengurangi tampungan air. Anda masih menampung air di dalam bak mandi atau ember dan mengisinya hingga penuh? Jika ya, mulai dari sekarang kurang-kurangi kebiasaan yang seperti ini, dan juga alangkah baiknya dikurangi jumlah tampungannya. Mengapa? Yup, banyaknya air yang ada di tampungan ember maupun bak mandi ini bisa menyebabkan munculnya kelembapan di ruangan kamar mandi.
  3. Membersihkan sirkulasi air secara rutin. Untuk menghindari supaya tidak muncul jamur maupun bau di ruangan kamar mandi Anda, maka pastikan Anda selalu membersihkan sirkulasi air secara rutin dan teratur. Apabila Anda jarang membersihkan sirkulasi air ini, maka bisa dipastikan kotoran maupun debu akan menumpuk di sirkulasi air, sehingga bisa menghambat masuknya udara. Terhambatnya saluran udara yang masuk ke dalam kamar mandi ini, tentunya dapat mengakibatkan ruangan berjamur dan berbau.
  4. Menggunakan exhaust fan. Exhaust Fan berfungsi untuk menghisap udara lembap dan membuangnya kembali keluar. Pastikan Anda menggunakan exhaust fan ini di bagian atap dan plafon kamar mandi Anda. Digunakannya benda yang satu ini, tentu saja dapat menghindari kelembapan dan mengeluarkan kembali udara yang lembap.

Bagi Anda yang tertarik untuk menyulap loteng menjadi sebuah kamar, beberapa poin di atas juga bisa Anda terapkan. Sebab, loteng juga biasanya memiliki udara yang cukup lembab dan kurang nyaman. Mudah sekali bukan, melakukan beberapa cara yang bisa membuat ruangan kamar mandi Anda terhindar dari kelembapan? Semoga bermanfaat, ya! –SH–