Home Makanan

Soto Asli Indonesia yang Cocok Dimakan Saat Hujan (part I)

Ini nih beberapa soto Indonesia yang bisa dinikmati pada saat musim hujan!

181
0
SHARE

Di musim yang sangat dingin ini, makanan yang sangat cocok untuk dimakan tentunya makanan hangat, yang memiliki cita rasa yang begitu gurih. Biasanya, makanan hangat bercita rasa gurih ini memiliki beragam jenis seperti soto, bakso, mie rebus, sop, dan lainnya. Namun, makanan gurih yang pas dimakan ketika musim dingin ini, menurut penulis sih tentu saja soto dengan rasa yang sangat pedas. Saat kalian mencicipi soto yang biasanya dijual di dekat premium apartment Jakarta ini, kalian pun akan mendapatkan kehangatan pada saat musim dingin.

Berbicara mengenai soto, ternyata di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali loh soto dengan cita rasa yang berbeda di antara satu daerah dengan daerah lainnya. Mulai dari, rempah-rempah yang digunakan hingga berbagai taburan pelengkap yang akan membuat cita rasa soto semakin enak. So, apa sajakah soto Indonesia yang bisa dinikmati pada saat musim hujan? Berikut beberapa diantaranya:

  • Soto Betawi
soto betawi
soto betawi

Bagi kalian yang tinggal di sekitaran ibukota Jakarta, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Soto Betawi. Soto Betawi sendiri dibuat dari bahan utama berupa daging sapi. Selain menggunakan daging sapi, saat pembuatan soto Betawi ini juga menambahkan berbagai bahan makanan contohnya torpedo, jeroan, kaldu rebusan daging, dan sebagainya. Sedangkan untuk penikmat rasanya, soto Betawi ini ditambahkan dengan berbagai bumbu. Mulai dari, bawang putih, jahe, jintan, jahe, cengkeh, garam, bawang merah. Dan untuk pelengkapnya, diberikan beberapa pelengkap seperti bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri, irisan tomat, emping, acar, dan lain-lain.

  • Soto Lamongan
soto lamongan
soto lamongan

Berasal dari kota Lamongan provinsi Jawa Timur, menjadikan soto yang satu ini paling dicari oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, soto Lamongan ini memberikan cita rasa yang sangat khas dan berbeda dari soto pada umumnya. Yang mana, saat penyajiannya soto ini menambahkan bubuk krupuk udang yang biasanya disebut dengan koya, dan dicampurkan ke dalam kuah soto. Lalu, ditambahkan pula beragam bahan tambahan yang akan membuat soto semakin enak, misalnya saja daun bawang, irisan kol, daging ayam, mie bihun, irisan telur ayam yang diletakkan di dalam satu mangkuk.

  • Soto Padang
soto padang
soto padang

Tidak jauh berbeda dengan soto lainnya, soto Padang pun dibuat dari bahan-bahan yang kaya akan rempah seperti lengkuas, serai, jahe, kapulaga, merica, buah pekak, dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula berbagai pelengkap yang akan menambah cita rasa soto contohnya daging sapi, kerupuk kanji merah, sambal merah, irisan seledri, bawang goreng, perkedel kentang, Soun, dan irisan daun bawang.

Gimana? kalian tertarik untuk menikmati soto khas Indonesia yang bisa dinikmati saat musim hujan? Ah, nantikan kelanjutannya di part II-ya! –SH–